Guru Ngaji Cabuli Murid saat Baca Alquran, Orang Tua Ngamuk

Ilustrasi anak trauma

HALOPADANG.ID — Seorang guru mengaji berinisial AN (60), dilabrak orang tua murid di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, setelah diduga mencabuli sejumlah anak yang menjadi muridnya.

Bahkan, ibu korban yang emosi mengetahui hal itu langsung mendatangi rumah AN. Ibu korban mengamuk dan menyerang pelaku serta meminta aktivitas pengajian yang dilakukan AN diberhentikan.

“Si ibu langsung lapor ke RW, terus ditemani sama RW ke rumahnya terduga pelaku. Di sana diseranglah, karena ibunya dalam keadaan emosi. Sudah tidak mengajar. Pak RW sudah menghentikan kegiatannya itu,” kata E, nenek salah satu korban.

E menceritakan, kasus pencabulan tersebut awalnya diketahui ibu korban pada akhir Juli 2020. Itu pun lantaran ibu korban mencurigai perilaku anaknya yang tidak mau lagi pergi ke tempat pengajian AN. Padahal, kata dia, hari-hari sebelumnya, cucu nenek E tersebut tampak begitu rajin dan bersemangat untuk belajar mengaji. Melihat hal itu, ibu korban kemudian berusaha membujuk anaknya agar dapat pergi mengaji. Hanya, bujukan ibu korban tidak membuahkan hasil. Anak korban tegas menolak permintaan ibunya, dengan alasan telah dicabuli AN yang tak lain adalah guru mengajinya sendiri.

“Iya berubah perilakunya. Kan dia masuk mengaji di situ satu minggu. Pas setelah satu minggu, dia tidak mau pergi mengaji,” kata dia.

“Pertamanya dia semangat pergi mengaji. Tidak ada masalah, tenang-tenang saja, kenapa tiba-tiba berubah? Kenapa ini anakku? Ada apa? Bertanyalah ibunya. Dibujuk-bujuk sama ibunya, anaknya mengaku kemaluannya dipegang-pegang saat baca Alquran,” E menambahkan.

E mengakui belum dapat memastikan berapa banyak anak yang sudah jadi korban pencabulan pelaku. Alasannya, anak-anak yang belajar mengaji di tempat AN banyak yang trauma sehingga tidak mau bicara.

“Jumlah pastinya tidak bisa kita sebut ya, karena banyak yang tidak mau bicara gitu. Iya (trauma), jadi kalau mau pastinya itu, tadi yang lapor. Tapi kalau misalnya dugaan saja ada belasan,” ungkap E.

E mengemukakan, awalnya kasus dugaan pencabulan tersebut di laporkan ke Polsek Biringkanaya. Namun, karena di sana tidak memiliki Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), kasus tersebut akhirnya dilaporkan ke Polrestabes Makassar untuk ditangani.

“Iya, (ketahuan) akhir Juli 2020. Saya lupa tanggal 28 atau 29. Yang jelas melapor tanggal 30 Juli 2020,” katanya.

E menjelaskan, tempat pengajian pelaku berada di tengah-tengah pemukiman para warga yang terletak di Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Meski letaknya tak jauh dari pemukiman, E memastikan bahwa hubungan antara pelaku dan cucunya yang jadi korban pencabulan tersebut sama sekali tidak ada ikatan kekeluargaan.

“Saya juga tidak tahu kan siapa-siapa muridnya di situ. Yang saya tahu itu kalau saya dengan guru mengaji tidak ada hubungan keluarga. Hanya hubungan antara guru dengan murid saja kalau cucuku ini,” jelas E.

Selama mengajar, katanya, pelaku sama sekali tidak menampakkan kecurigaan. Bahkan, pelaku pun dikenal sebagai orang alim dan sering menjalankan ibadah shalat di masjid bersama para warga di sana.

“Iya, pelaku rajin ke masjid, semua bapak-bapak di sini rajin ke masjid. Jadi tidak bisa kita bandingkan jadi sama dengan yang lain. Kalau saya begitu, (tidak ada kecurigaan) pendapat pribadiku ya. Tidak tahu kalau pendapatnya orang lain,” katanya.

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak Polrestabes Makassar AKP Ismail mengatakan, dalam penanganan kasus dugaan pencabulan ini, sudah ada tiga orang korban yang melapor secara resmi di Mapolrestabes Makassar. Mereka adalah JF (9), KNF (10), dan AAM (9).

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kata Ismail, sebagian korban mengaku sudah lebih dari satu kali dicabuli oleh AN. Guru mengaji yang telah mengajar selama setahun itu, mencabuli muridnya dengan menyentuh alat vital korban.

“Sebagian korban mengatakan bahwa dia sudah lebih dari satu kali. Itu kan bisa membuat anak-anak menjadi trauma atau seperti apa ya. Tapi itu nanti akan dijelaskan dalam bentuk laporan psikolog. Jadi semua kita tunggu hasilnya,” ujar Ismail.(002/Suara)