111 Warga Pasbar Negatif, Ratusan lainnya Menunggu Hasil Swab

swab
Ilustrasi swab

HALOPADANG.ID–Hasil tes usap atau swab test Corona Virus Disease (COVID-19) terhadap 111 orang warga Kabupaten Pasaman Barat, yang dilakukan pada Sabtu (8/8) hasilnya negatif. Hari ini, Senin (10/8) sebanyak 220 akan diperiksa lagi di dua tempat berbeda.

“Alhamdulillah hasil dari Laboratorium Unand pagi ini semuanya negatif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia.

Ia mengatakan, meskipun uji usap 111 itu negatif, pihaknya tetap melakukan tes usap terhadap 220 orang di dua tempat hari ini.

“Untuk hari ini dari data yang masuk sekitar 130 orang akan menjalani tes usap di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan 89 orang di Puskesmas Sungai Aur. Totalnya berjumlah 220 orang,” katanya.

Ia mengatakan, 220 orang itu merupakan hasil pelacakan atau tracing tim Gugus Tugas COVID-19 orang yang pernah kontak dengan pasien positif SP (30) dan CBR (25).

Selain itu juga ada warga yang melapor ingin di tes usap karena merasa pernah kontak dengan pasien.

Menurutnya pelaksanaan tes usap akan dilaksanakan di dua tempat yakni di Bappeda Simpang Empat dan Puskesmas Sungai Aur.

“Kenapa di Sungai Aur, karena pasien pernah menghadiri pesta pernikahan sehingga diduga banyak masyarakat yang kontak dengan pasien,” sebutnya.

Sedangkan kedua pasien SP (30) CBR (25) saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Pasaman Barat. Kondisinya baik dengan pengawasan tim kesehatan.

Tes usap itu dilakukan setelah dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) positif COVID-19 itu merupakan pasangan suami istri SP (30) dan CBR (25) yang bertugas di Sekretariat Daerah Pemkab Pasaman Barat dan Bappeda Pasaman Barat.

Kedua suami istri itu merupakan pelaku perjalanan. Mereka melakukan perjalanan dari Lhokseumawe Aceh menuju Medan Sumatera Utara menggunakan bus pada tanggal 2 Agustus 2020. Kemudian dari Medan ke Kota Padang menggunakan pesawat.

Kedua suami istri itu diketahui positif COVID-19 setelah keluarnya hasil usapan dari Laboratorium Unand Padang pada Jumat (7/8).

Ia mengimbau kepada warga agar tetap ikuti aturan pemerintah dalam demi keselamatan bersama.

“Mari rajin cuci tangan dengan sabun , selalu memakai masker dan jaga jarak. Semoga kita semua dapat terhindar dari COVID-19,” katanya. (S-01