Detik-detik Mengerikan Awan Mirip Tsunami yang Terekam Hari Ini

Penampakan awan di Meulaboh, Aceh Barat.

HALOPADANG.ID — Warga Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, Meulaboh, dihebohkan dengan munculnya awan aneh yang bergulung di langit hari ini, Senin, (10/82020)

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Djatmiko menerangkan bahwa awan itu sering disebut sebagai awan roll atau roll cloud.

https://www.instagram.com/p/CDtc5MoAY8g/?utm_source=ig_web_copy_link

Menurutnya, roll cloud merupakan salah satu jenis awan arcus (Arcus Clouds) atau awan rendah, panjang dan tipis yang terkait dengan awan hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang. “Awan tersebut terkadang terlihat di bawah awan Cumulonimbus,” ujarnya dilansir Tempo.

Awan tersebut berbentuk kolom horizontal yang dapat menggelinding atau bergulung panjang apabila dalam awan mengalami perbedaan arah angin di lapisan bagian atas dan bawah. Hal tersebut terjadi ketika suatu aliran udara dingin yang turun dari awan cumulonimbus sampai mencapai tanah.

Udara dingin itu, kata Hary, diindikasikan menyebar dengan cepat di sepanjang tanah kemudian mendorong udara lembab dan hangat yang ada di sekitarnya ke atas. “Saat udara ini naik, uap air mengembun membentuk pola awan arcus,” tutur Hary.

Selain itu, awan arcus juga mempunyai ketinggian hingga sekitar 6.500 kaki (sekitar 2.000 m atau 2 km). Saat awan arcus terbentuk dengan awan cumulonimbus dan downdraft, hal itu biasanya dikaitkan dengan hujan lebat atau hujan es, kilat atau petir dan angin kencang.

Ada dua jenis awan arcus, pertama shelf clouds yang merupakan awan rak yang sering dikaitkan dengan garis badai, dan sering kali dilaporkan sebagai awan dinding, awan corong, atau rotasi. Jenis kedua, roll clouds, yang muncul di wilayah Aceh itu.