Baronde, Tradisi Memanen di Tanah Datar yang Mulai Dilirik Pemda

baronde
Ilustrasi sawah

HALOPADANG.ID–Baronde, adalah tradisi turun temurun di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar yang diadakan saat memanen padi bergiliran. Tradisi yang mulai hilang itu mendapat respon Pemda Tanah Datar.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma ikut memanen dalam tradisi baronde. Ia berharap agar tradisi baronde tetap dijaga dan dilestarikan,

“Tradisi ini dari leluhur dan harus dijaga, sekarang bagaimana kita dapat menyandingkan dengan kemajuan teknologi pertanian,” katanya.

Terkait pengembangan objek wisata di Nagari Batu Taba, Wabup meminta, baronde dapat digabungkan dengan pesona galundi sehingga akan lebih menarik dan aktifitas pertanian tradisional masyarakat akan tampak dan nuansanya akan lebih terasa

Sementara, Wali Nagari Batu Taba Destriyanto Bandaro Bungsu, menyebutkan saat ini masyarakatnya yang tergabung dalam kelompok tani Sawah Dalam melaksanakan panen raya di hamparan sawah dari Ujung Rawang sampai Muaro.

“Ini patut disyukuri, panen ini hasilnya sangat baik, padi bagus semua dan bebas dari hama, ini tidak terlepas dari perhatian pemerintah daerah melalui dinas terkait,” katanya.

Panen di hamparan seluas sekitar 80 hektar itu menghasilkan rata-rata 7,5 ton perhektar. (E-01)