Kontak dengan Klaster Bank Nagari Padang, Puluhan Warga Pessel Dikarantina

pessel
Ilustrasi pasien

PESSEL, HANTARAN.CO–Dilaporkan sebanyak 24 orang warga Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kontak erat dengan pasien positif Covid-19 kluster Bank Nagari Cabang Padang, Sumatera Barat, dan menjalani karantina di Rusunawa Painan.

Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Setdakab Pessel, Rinaldi menyebutkan, ke 24 orang tersebut, sebanyak 23 orang diantaranya menjalani karantina di Rusunawa Painan, dan satunya lagi menjalani isolasi mandiri sesuai permintaan yang bersangkutan.

Menurutnya, 24 warga tersebut di karantina menjelang hasil sampel swab yang diambil keluar. Mereka terkonfirmasi kontak erat dengan pasien kluster Bank Nagari Cabang Padang, setelah diketahui pasien sempat pulang pada 31 Juli 2020 lalu (Iduladha).

“Ya, pasien tersebut dinyatakan positif pada 2 Agustus kemarin, dan tercatat sebagai kasus positif Kota Padang. Sekarang sudah menjalani karantina di BPSDM Padang Besi,” ujar Rinaldi melalui siaran pers yang diterima hantaran.co, Kamis, (6/8).

Kendati demikian, ia belum menjelaskan secara rinci tentang profesi yang bersangkutan di Bank Nagari Cabang Padang tersebut. Namun, untuk keamanan dan efektifnya penanganan Covid-19 itu di Sumbar, pasien sudah dikarantina untuk mencegah penyebarannya lebih jauh.

“Menjelang hasil swab keluar, 23 dari 24 orang yang telah diambil sampel swabnya sudah menjalani karantina di Rusunawa, Painan. Sementara satunya lagi, menjalani isolasi secara mandiri,” katanya.

Sementara untuk Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi mencatat, hari ini tidak ada penambahan kasus baru. Namun, dari perkembangan kasus positif, sudah tercatat 19 kasus.

“Dari 19 pasien positif itu, 17 orang diantaranya dinyatakan sembuh. Satu meninggal dunia, dan satunya lagi sedang menjalani isolasi mandiri,” tuturnya. (G-01)