KWT Pariaman Terima Bantuan Bibit Tanaman

kwt
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman memberikan bantuan bibit tanaman yang diserahkan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kota Pariaman.

HALOPADANG.ID-Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman memberikan bantuan bibit tanaman yang diserahkan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kota Pariaman.Penyerahan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius di Halaman Rumah Dinas Walikota Pariaman, Rabu (5/8).

Usai penyerahan, Kepala Dinas P3 Kota Pariaman, Dasril menyebutkan bahwa bantuan bibit tanaman diberikan untuk KWT se-Kota Pariaman.

“Hari ini, penyerahan bantuan diberikan secara simbolis untuk delapan KWT yang menerima bibit tanaman. Nantinya, dalam minggu ini juga akan diserahkan kembali sebanyak 62 KWT dengan total keseluruhannya ada 70 KWT yang ada di Kota Pariaman yang menerima bantuan tersebut,”ucapnya.

“Delapan KWT tersebut yakni KWT Perawitan, KWT Sayang Ibu, KWT Percaya Diri, KWT Serunai, KWT Tunas Mekar Jaya, KWT Mandiri, KWT Sehati, dan KWT Sejahtera “, ulasnya.

Dasril juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan lahan perkarangan, memanfaatkan lahan-lahan tidur yang gunanya untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan KWT yanga ada di Kota Pariaman. Sementara untuk jenis bahan bantuan yang diberikan sebanyak 160 paket bibit tanaman, 32 unit rak vertikular, 200 Kg polibag, 10.000 Kg pupuk kandang, 200 batang tanaman buah, 1.000 Kg NPK dan 960 buah pot tanaman.

“Bibit tanaman 1 paket terdiri dari kacang panjang, cabe rawit, terung, tomat, jagung manis, kangkung, bayam dan cabe kriting. Sedangkan tanaman buah yang diberikan yakni nangka mini, eruk madu, lengkeng, jambu kristal dan jambu madu,” katanya.

Dasril juga berharap dengan diserahkan bantuan ini, tentunya dapat meningkatkan ketahanan pangan di Kota Pariaman.

“Tidak hanya bapak-bapak tani saja yang berusaha tani dibidang padi dan jagung. namun wanita-wanita KWT juga ikut membantu kepala keluarga dalam meningkatkan ketahanan pangan dengan memanfaatkan perkarangan yang ada,”ucapnya.