Incar Podium ke-200, Rossi Intai Rekor Jack Findlay

HALOPADANG.ID – Pembalap gaek, Valentino Rossi mengincar panggung juara alias podium di seri MotoGP Ceko, akhir pekan ini. Dari capaian sebelumnya, the doctor sudah masuk dalam buku rekor MotoGP.

Ia pebalap pertama berumur 41 tahun atau lebih yang naik podium di kelas utama sejak Jack Findlay tahun 1977 (42 tahun 85 hari). Rider tim Monster Energy Yamaha tersebut berharap dapat meneruskan performa okenya dan menargetkan podium kembali, Minggu (9/8/2020) mendatang.

Hal tersebut bukan tidak mungkin, mengingat pebalap Italia itu sudah mulai nyetel dengan perubahan pada motor Yamaha YZR-M1 miliknya.

Tidak hanya itu, Rossi juga bakal memecahkan dua rekor MotoGP apabila berhasil mendaki podium dalam balapan yang digelar di Sirkuit Brno. Andai nantinya Rossi masuk ke dalam jajaran tiga besar di Ceko, maka dia akan menjadi pebalap pertama yang mampu naik podium sebanyak 200 kali di kelas utama.

Selain mengejar podium ke-200, Rossi juga bisa memecahkan rekor sebagai pebalap tertua yang mampu dua kali podium secara beruntun dalam 54 tahun terakhir. Dia akan menyamai prestasi Jack Ahearn yang berhasil back-to-back podium pada balapan tahun 1966 di usia 41 tahun 282 hari. Mampukah ia? (HP-001)