Kabel Traffic Light di Padang Kembali Dicuri Orang, Dishub Meradang

traffic light
Ilustrasi lampu lalu lintas

HALOPADANG.ID–Dinas Perhubungan Kota Padang geram dengan kembali terjadinya pencurian kabel traffic light yang dilakukan oleh Orang Tak dikenal (OTK). Pencurian ini terjadi di persimpangan jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Atas kejadian ini membuat arus lalu lintas terganggu dikarenakan lampu traffic light di persimpangan tiga tersebut tidak berfungsi.

Terganggunya arus lalu lintas itu di antaranya pengendara yang melintas dari Jalan Sawahan, Perintis Kemerdekaan hingga H Agus Salim. Matinya traffic light di persimpangan jalan itu telah terjadi beberapa hari belakangan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakhri, peristiwa dicurinya kabel traffic light itu merupakan kejadian untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya, hilangnya kabel traffic light pertama kalinya terjadi di persimpangan Lamun Ombak. Bahkan, di kawasan ini, pelaku saat beraksi juga memutus kabel kemera pengawas (CCTV) yang dipasang di sana.

“Untuk yang di persimpangan Jalan Sawahan, kabel yang dicuri sebanyak tujuh kabel. Masing-masing kabel yang hilang sepanjang 10 meter,” ujarnya, Selasa (4/8)

Dian mengungkapkan, kasus ini sudah dilaporkannya ke pihak kepolisian. Ia berharap para pelaku dapat diketahui identitasnya dan segera ditangkap untuk diproses secara hukum.

“Kami meminta masyarakat untuk bersama-sama kita lakukan pengintaian terhadap aksi pencurian kabel traffic light ini. Ketika saat malam, ada orang yang mencurigakan di persimpangan, patut dicurigai dan dapat melaporkan hal tersebut,” ujarnya.

Diakuinya, upaya pemasang CCTV di persimpangan tidak menjadi solusi untuk mengintai pelaku. Sebab, para pelaku cukup lihai dengan melakukan pemutusan kabel CCTV sebelum beraksi.

“Jadi CCTV ini teori aja. Seperti di persimpangan Lamun Ombak, pelaku memutus kabel CCTV dulu, baru mencuri kabel traffic light. Kami meminta semua pihak berperan untuk mengawasi pelaku aksi kejahatan ini,” tutupnya.(Q-07)