SDN 18 Padang Panjang Punya Program Puasa Senin-Kamis

puasa
Murid sdn 18 Padang Panjang saat berbuka puasa

HALOPADANG.ID–Dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 18 Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang telah menjalankan beberapa program tahfiz salat duha berjamah dan puasa Senin-Kamis.

“Kalau semata mata kami berpatokan kepada kegiatan akademik otomatis kegiatan itu kurang bermakna sehingga terjadi penyimpangan tingkah laku dari pada siswa kita maka dari itu, sekolah membuat suatu program di luar bidang akademik tadi sebagai tupoksi guru di sekolah yaitu berbagai macam kegiatan keagamaan, “kata Kepala Sekolah SDN 18 Koto Panjang, Junaidi, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (04/08).

Dijelaskannya, ada berbagai macam kegiatan dibidang keagamaan yang diberikan kepada siswa/siswi yang pertama yaitu kegiatan tahfiz.

“Kegiatan tahfidz ini dilakukan setiap hari Rabu dengan peserta dari kelas 1-6. Nanti siapa siswa/siswi yang paling banyak hafalan tahfiznya akan diberi reward (hadiah) semacam pujian, di tepuk pundaknya dan tabanas, rata rata siswa/siswi kita sudah mempunyai hafalan tahfiz sebanyak 3.5 juz, 2.5 juz, 2 juz dan ada yang setengah juz, semuanya terus diberikan dorongan dan motivasi sehingga mampu meningkat kan jumlah hafalan, “jelasnya.

Selanjutnya, pada setiap hari Sabtu di sekolah ini juga dilaksanakan rutin salat dhuha berjamaah yang digelar di halaman sekolah.

“Tujuannya adalah untuk mengoreksi ulang bacaan dan gerakan salat yang dilakukan oleh siswa/siswi itu sudah benar atau belum. Jadi semuanya kita koreksi pada setiap minggunya, kalau ada yang masih salah maka akan kita ajarkan yang betulnya seperti apa, “ujarnya.

Ditambahkannya, sebelum masuk pada setiap hari Jumat juga diadakan kegiatan keagamaan seperti Dai Cilik, pembacaan wahyu ilahi dan pembacaan salat jenazah.

“Dihari jumat siswa laki – laki kita anjurkan wajib salat jumat di masjid. Nanti di hari sabtunya akan kami tagih siapa siswa kami yang tidak melaksanakan salat Jumat jadi pada setiap hari Sabtu itu kami koreksi semuanya, “tambahnya.

Yang terakhir yaitu sekolah ini juga memiliki program dimana setiap siswa/siswinya dianjurkan untuk melaksanakan puasa Senin – Kamis.

“Kegiatan ini sudah berjalan selama kurang lebih dua setengah tahun. Dimana setiap siswa/siswi yang ingin ikut kita data terlebih dahulu dan dikondisikan oleh wali kelasnya. Kemudian satu kali sebulan kita menggelar buka bersama di sekolah, dimana untuk menu berbuka kami mencari donasi dari beberapa tokoh masyarakat yang ingin menyumbangkan sedikit rezekinya, “ucapnya.

Kondisi sekolah pada kegiatan puasa Senin – Kamis ini yaitu pihak sekolah membuat spanduk yang berisikan tulisan “Warga SDN 18 Koto Panjang Sedang Berpuasa” yang ditempelkan di gerbang sekolah. Jadi para pedagang dengan sendirinya tidak mengurungkan niatnya untuk berjualan di sekitaran komplek SDN 18 dan juga cafe (kantin) sekolah juga ditutup.

Beliau berharap kedepan program seperti ini juga dapat diterapkan oleh sekolah – sekolah yang ada di Kota Padang Panjang jadi nantinya tidak hanya SDN 18 Koto Panjang namun, setiap sekolah di Kota Padang Panjang baik tingkat, SD,SMP maupun SMA dapat menjalankan program dalam peningkatan siswa/siswi di bidang keagamaan.(R-01/rel)