Petaka Seremoni Pelantikan dan Penyambutan Gubernur Kepri

Isdianto dilantik Jokowi

HALOPADANG.ID — Isdianto resmi menjadi orang nomor satu di Kepulauan Riau usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (27/7) lalu. Menggantikan Nurdin Basirun yang tersandung kasus korupsi.

Ia yang merupakan adik kandung Muhammad Sani, Gubernur Kepri periode 2012-2016 adalah wakil dari Nurdin. Isdianto sebelumnya adalah Wakil Gubernur Kepri sejak 27 Maret 2018-12 Juli 2019. Namun, semenjak Nurdin ‘berurusan’ dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Isdianto menjabat sebagai Plt Gubernur Kepri.

Tak sedikit pihak meragukan kemampuan Isdianto. Namun, keraguan terjawab. Ia naik jabatan. Mengisi kekosongan kursi orang nomor satu di Kepri.

Sehari sebelum dilantik, puluhan pejabat Pemprov Kepri dan tokoh masyarakat, pendukung Isdianto yang berkeinginan mencalonkan diri pada Pilkada Kepri 2020, berangkat ke Jakarta. Mereka ingin menjadi bagian dari kebahagiaan Isdianto dan keluarga, yang dilantik di Istana Negara tepat pukul 14.00 Wib.

Isdianto dan keluarganya, termasuk pejabat di lingkungan Pemprov Kepri diperiksa secara ketat sebelum masuk ke Istana Negara. Bahkan beberapa jam sebelum acara pelantikan, tim kesehatan di Istana Negara mengambil sampel lendir dari tubuh mereka untuk memastikan tidak tertular Covid-19.

Saat Pelantikan di Istana, Isdianto & Istri Negatif Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana memastikan Isdianto negatif Covid-19 saat dilantik di Istana.

“Di Istana Negara itu prosedurnya sangat ketat. Isdianto negatif Covid-19 saat dilantik berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode PCR,” tegasnya, Sabtu (1/8).

Sedangkan, untuk Rosmeri, istri Isdianto juga dipastikan negatif. Hal itu sekaligus menjawab seluruh anggapan yang menyebut Rosmeri positif Covid-19 lantaran tidak mendampingi Isdianto saat dilantik Presiden Jokowi.

“Bu Rosmeri itu tidak ikut acara pelantikan bukan karena positif atau reaktif Covid-19, melainkan karena kakinya terkilir,” ujarnya.

Ia mengemukakan Rosmeri juga belum diambil sampel lendir sehingga belum diketahui apakah tertular Covid-19 atau tidak. Sementara Isdianto beserta anggota keluarganya yang lain, dan pejabat yang ikut dalam acara pelantikan tersebut sudah diambil sampel swab, dan hasilnya negatif.

Dugaan Kuat, Isdianto Tertular di Acara Seremoni

Jika saat dilantik Isdianto masih negatif Covid-19, lalu darimanakah ia tertular. Dugaan kuat mengarah ke acara seremoni penyambutan Isdianto di Tanjungpinang.