Realisasi Enam Jenis Pajak di Padang Sudah 50 Persen Lebih

bumd
Ilustrasi uang

HALOPADANG.ID–Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang Al Amin menuturkan, saat ini sudah ada enam jenis pajak realisasinya sudah 50 persen lebih. Ia optimis enam jenis pajak tersebut akan capai 100 di tahun 2020 ini.

“Enam jenis pajak tersebut yaitu pajak restoran sudah tercapai 68,4 persen, pajak hiburan tercapai 72,48 persen, pajak reklame tercapai 61,98 persen, PPJ tercapai 69,56 persen, pajak air tanah tercapai 61,38 persen, dan pajak mineral bukan logam dan bebatuan tercapai 64 persen. Kita akan terus dorong jenis pajak yang sudah capai lebih dari 50 persen ini bisa capai targetnya,” ucap Al Amin, Minggu (2/8).

Ia mengungkapkan, untuk tiga jenis pajak yang sempat digratiskan selama dua bulan sudah mulai menyumbang pemasukan lagi. Diantaranya yaitu pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan.

“Untuk tiga jenis pajak tersebut memang selama April dan Mei tidak kita pungut karena memang berimbas dari Covid-19. Namun mulai Juni lalu sudah mulai kami pungut lagi, karena memang kami butuh pemasukan juga. Ditambah lagi saat new normal hotel dan restoran serta hiburan sudah mulai beroperasi kembali,” sambungnya.

Al Amin menuturkan, secara keseluruhan, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Juni sudah tercapai sebesar 26,53 persen. Untuk nominal, target setelah direvisi (disesuaikan) akibat Covid-19 menjadi Rp492 miliar tercapai sebesar Rp183 miliar.

“Kami akan terus upayakan supaya target bisa tercapai secara keseluruhan untuk semua jenia pajak,” imbuhnya.

Untuk menggenjot tercapainya pendapatan tersebut, Al Amin juga menyebutkan bahwa pemutihan untuk pajak Bumi dan Bangunan (PBB) masih terus berjalan hingga akhir tahun. Ia berharap warga masyarakat bisa sadar untuk membayar pajak tepat waktu.

“Bagi masyarakat yang menunggak sekian tahun, saat ini segera bayar PBB karena sedang diberlakukan pemutihan denda. Jadi masyarakat hanya dibebankan pokoknya saja. Segera bayar sebelum kehabisan waktu,” tandasnya. (Q-05)

Kepala Bapenda Al Amin