Nilai Kurban di Sumatera Barat Capai Rp700 Miliar

kurban
Ilustrasi sapi kurban

HALOPADANG.ID–Pandemi Covid-19 tampaknya tak mengurangi antusiasme masyarakat Sumatera Barat untuk berkurban. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar mencatat, jumlah hewan kurban yang disembelih pada perayaan Iduladha tahun ini adalah sebanyak 32.632 ekor, dengan total nilai mencapai Rp 700 miliar.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, usai melakukan penyerahan secara simbolis sapi kurban Presiden Joko Widodo di Masjid Raya Sumbar, Sabtu (1/8) ikut menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, hal ini menunjukkan nilai-nilai agama masih sangat dijunjung tinggi di Sumbar.

“Total ada sekitar Rp 700 miliar uang yang berputar dalam penyelenggaraan kurban tahun ini, dan secara keseluruhan jumlahnya sendiri tidak jauh berbeda dari tahun lalu. Ini menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi masyarakat Sumbar untuk ikut berkurban. Masih ada uang ternyata masyarakat kita,” katanya.

Ia berharap peredaran uang tersebut dapat kembali menggerakkan perekonomian Sumbar yang sempat stagnan akibat pandemi Covid-19.

Di samping itu, dalam kesempatan tersebut, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah menyumbangkan sapi kurban seberat 1,2 ton dan nilai jual sebesar Rp 72 juta. Sapi tersebut diserahkan kepada Masjid Raya Sumbar untuk disembelih dan kemudian dibagikan kepada masjid-masjid, panti asuhan, dan masyarakat sekitar.

“Alhamdullilah, tahun ini kita mendapat sumbangan sapi kurban seberat 1,2 ton dari Presiden Jokowi. Sapi ini sendiri adalah sapi terbesar yang dikurbankan tahun ini di Sumbar. Untuk itu, sekali lagi saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden atas sumbangannya,” kata IP.

Ia menyebut, sapi sumbangan presiden tersebut merupakan sapi lokal terbaik yang telah diseleksi oleh Dinas Peternakan Sumbar dari sekian banyak peternak sapi di Sumbar.

“Sapi ini adalah yang terbaik di Sumbar, sapi lokal dari Kota Solok, yang telah lulus seleksi Dinas Peternakan Sumbar. Semoga ini juga bisa menjadi motivasi bagi para peternak di Sumbar untuk terus menghasilkan hasil-hasil ternak terbaik,’ katanya.

Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri menyatakan total hewan kurban yang disembelih pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriah adalah sebanyak 32.632 ekor. Jumlah tersebut dengan rincian, sapi sebanyak 29.204 ekor, kambing 3.119 ekor, dan kerbau 329 ekor. Seluruhnya tersebar di seluruh masjid, musala, dan fasilitas penyembelihan lainnya di Sumbar.