Sebelum Dipotong, Ratusan Hewan Kurban Lolos Pemeriksaan di Padang Panjang

kurban
Petugas memeriksa hewan kurban dan gading yang sudah dipotong di Padang Panjang

HALOPADANG.ID–Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang telah menghimpun dan melakukan pemeriksaan sebelum pemotongan terhadap sebanyak 528 ekor hewan kurban di Kota Padang Panjang dengan rincian sapi sebanyak 520 ekor dan kambing sebanyak 8 ekor.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang melalui Kabid Peternakan, Wahidin di Padang Panjang, Jumat (31/07).

“Adapun jumlah titik pemeriksaan hewan kurban yang kami lakukan kemaren yaitu sebanyak di 98 titik (data ini baru data sementara), “katanya.

Ia menjelaskan, adapun pemeriksaan setelah pemotongan (postmortem) yang diperiksa oleh petugas yaitu: kondisi kesehatan organ tubuh dalam seperti hati, jantung, paru, ginjal, lambung/rumen, usus kondisi daging sendiri, jaringan syaraf/otak dll. Sehingga daging dan organ dalam, jeroan dipastikan aman/sehat untuk didistribusikan apa tidak.

“Hal ini dilakukan supaya hewan kurban yang akan disembelih nanti benar benar sehat luar dalam dan tidak mengidap penyakit dan kelainan pada organ dalam. Karena tidak semua penyakit atau kelainan organ dalam hewan kurban dapat terlihat secara klinis/terlihat dari luar, Alhamdulillah untuk hewan kurban yang telah kami periksa kemarin tidak ada mengidap penyakit maupun kelainan pada organ dalam “ucapnya.

Dikatakannya, selain melakukan pemeriksaan petugas juga mengarahkan kepada petugas yang akan memotong hewan kurban tentang bagaimana cara merestrain/merebahkan yang baik, penggunaan pisau 6g yang harus memenuhi syarat baik dari unsur ketajaman maupun ukuran, penanganan/pembersihan jeroan, pemisahan isi jeroan dengan daging ketika dimasukkan dalam wadah/kantong.

“Kami juga menghimbau kepada panitia penyembelihan hewan kurban agar menjauhkan anak – anak dari melihat proses pemotongan hewan kurban dan bagaimana pendistribusian serta ketika pendistribusian daging sejak di potong ternaknya tidak lebih dari 6 jam, “katanya. (R-01/rel)