Akhirnya Bobol, Vietnam Laporkan Kematian Pertama karena Corona

HALOPADANG.ID — Vietnam melaporkan kasus kematian pertama akibat Covid-19. Kakek berusia 70 tahun dari kota Hoi An dilaporkan meninggal dunia oleh media pemerintah pada Jumat (31/7).

Tak ada kasus infeksi baru dilaporkan selama lebih dari tiga bulan sebelum wabah dilaporkan di dekat resor di Da Nang awal pekan ini. Demikian dilansir BBC, Jumat (31/7).

Vietnam, yang memiliki populasi sekitar 95 juta jiwa, telah melaporkan ratusan kasus virus corona.

Tak seperti banyak negara lainnya, Vietnam telah bertindak sebelum ada kasus terkonfirmasi, menutup perbatasan untuk hampir semua pendatang, kecuali bagi penduduk yang kembali ke negara tersebut. Setiap orang yang memasuki Vietnam harus menjalani karantina di fasilitas yang disiapkan pemerintah selama 14 hari dan mengikuti tes Covid-19.

Untuk sementara, langkah tersebut sangat efektif, di mana tak ada penularan lokal yang dilaporkan sejak pertengahan April.

Negara tersebut mendapat pujian atas upayanya menghentikan penyebaran virus dan kepeduliannya merawat pilot Skotlandia yang mengalami koma selama dua bulan di rumah sakit setelah terinfeksi virus corona.

Tapi awal pekan ini, kasus baru ditemukan di kota wisata Da Nang.

Pemerintah menutup kota Da Nang untuk pengunjung, sebelum memerintahkan lockdown total pada Rabu.

Awal pekan ini, Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc memberi peringatan kepada setiap provinsi dan kota di negaranya menyusul wabah di Da Nang.

“Kita harus bertindak lebih cepat dan lebih efektif untuk mengendalikan wabah,” tegasnya.