Ada Penemuan Hati Sapi Kurban Bercacing di Padang

bercacing
Pemotongan daging kurban di Kota Padang

HALOPADANG.ID–Dinas Pertanian Kota Padang menemukan hati sapi bercacing pada saat pelaksanaan penyembelihan sapi kurban di dua rumah ibadah di Padang, Jumat (31/7). Hati sapi bercacing itu langsung dimusnahkan oleh dinas terkait.

“Pada Iduladha 1441 Hijriah ini kami mendapat laporan bahwa ditemukan hati sapi bercacing pada saat penyembelihan hewan kurban,” jelas Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat.

Dua rumah ibadah itu yakni di Tarantang dan Ampang. Hati cacing yang tak layak konsumsi itu tidak dibagikan kepada warga.

“Hati tak layak konsumsi itu dihancurkan, kita khawatir cacingnya pindah ke manusia,” sebutnya.

Ditemukannya hati bercacing itu setelah dilakukan pemeriksaan post morten kepada sapi. Diakui Kadis Pertanian, terkadang fisik sapi tidak dapat menjadi pedoman bahwa sehat atau tidaknya hewan dimaksud. Sebab terkadang, fisiknya bagus akan tetapi organ di dalamnya tidak sehat. Begitu pula sebaliknya.

“Makanya kedua prosedur pemeriksaan postmortem (secara tampak fisik dan pada saat penyembelihan) dijalani,” sebutnya.

Syahrial mengatakan, jika hati bercacing secara tidak sengaja diberikan kepada warga, dikhawatirkan hati tersebut tidak matang ketika dimasak. Cacing tidak mati. Sehingga telur cacing pita masuk ke tubuh manusia dan menyebabkan sakit.

“Kami imbau kepada panitia kurban, jika ditemukan hati bercacing segera musnahkan,” imbaunya.(R-01/rel)