JK Minta Edukasi Covid-19 Pakai Toa Masjid 5 Kali Sehari

HALOPADANG.ID — Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla meminta pengurus 800 ribu masjid dan musala di Indonesia mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terpapar Covid-19. Protokol yang dimaksud yakni, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Itu seruan yang harus disampaikan masjid kepada seluruh masyarakat,” katanya dalam konferensi pers Pedoman Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha pada Masa Pandemi Covid-19 di BNPB, Jakarta Timur, Kamis (30/7).

JK menyebut, seruan menerapkan protokol kesehatan ini harus disampaikan lima kali dalam sehari. Adapun sarana yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut adalah toa masjid.

“Setiap habis salat lima waktu di masjid-masjid disampaikan pesan kepada seluruh jemaah dan masyarakat sekitarnya memakai toa untuk menyampaikan tiga hal itu,” ujarnya.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini menegaskan tak ada cara lain untuk melindungi diri dari Covid-19 selain protokol kesehatan. Karena itu, masyarakat di Indonesia harus beradaptasi dengan protokol kesehatan agar terbebas dari ancaman virus corona.

“Itu menyelamatkan banyak pihak dan jemaah kita semua,” kata dia mengakhiri.(002/Merdeka)