Besok Salat Idul Adha Digelar Halaman Kantor Gubernur Sumbar

Ilustrasi Idul Adha

HALOPADANG.ID — Penyelenggaraan Salat Idul Adha 1441 Hijriah atau hari raya qurban jatuh pada Jumat (31/7/2020) besok. Menurut penuturan panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sumatra Barat, salat Ied akan dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

Kabiro Mental dan Kesra Setdaprov Syaifullah, mengatakan pelaksanaan salat yang diadakan di halaman kantor gubernur tersebut tetap berpedoman disiplin protokol kesehatan dimasa pendemi Covid-19. Saat ini panitia tengah mempersiapkan segala kebutuhan dilapangan baik memasang tali shaf, mimbar dan yang terpenting sarana protokol kesehatan antisipasi penyebaran Covid-19.

Kemudian, menempatkan beberapa wastafel dipintu kedatangan, dan thermogun pengukur suhu tubuh. Ia mengatakan, setiap orang wajib memakai masker dan membawa sajadah masing-masing dari rumah, serta bagi masyarakat yang kurang sehat dan berpenyakitan sebaiknya di rumah saja.

“Mengingat dimasa tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19, kita tetap waspada dan menerapkan disiplin protokol kesehatan, serta diharapkan masyarakat dan jemaah sholat idul adha agar dapat mentaati disiplin protokol kesehatan secara baik,” harapnya.

Jika dalam pelaksanaan Salat nanti kondisi cuaca hujan maka penyelenggaraan Salat ied akan dilaksanakan di Masjid Raya Sumatera Barat. “Kita berharap semua komponen pantia, pihak keamanan dapat mendukung dan melakukan pengaman dalam acara ini,” ajak Syaifullah.

Pada penyelenggaran Salat Ied, yang bertindak sebagai khatib adalah Ketua MUI Padang, Duski Samad, sedangkan imam salat yaitu Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumbar, Syaihul Basir.