Di Era New Normal, Penambahan Positif Covid Berasal dari Luar Sumbar

  • Bagikan
Di Era New Normal, Penambahan Positif Covid Berasal dari Luar Sumbar 1

HALOPADANG.ID – Penambahan jumlah warga positif Covid-19 di Sumatera Barat menimbulkan keprihatinan public dan sejumlah warga. Mereka melihat sebagian warga kini sudah mulai abai dengan protokol kesehatan.

“Sudah mulai banyak yang tak pakai masker. Di lain pihak, himbauan jaga jarak juga sudah diabaikan tampaknya,”kata Andri, warga Ujung Gurun, Kota Padang.

Soal ini, Juru Bicara Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal tetap wanti-wanti mengingatkan warga untuk patuh protocol kesehatan.  Ia juga memberikan perhatian khusus terhadap beberapa tempat, seperti rumah makan atau restoran.

“Hindari membeli makanan yang terbuka dan jangan sungkan untuk mengingatkan pelayan penjual makanan untuk tetap pakai masker. Ingatkan juga pengelola rumah makan atau restoran atau penjual makanan agar pelayannya menghindari berbincang di depan makanan, walaupun pakai masker,”ajaknya.

Ia menambahkan pola penyebaran Covid kali ini berasal dari luar Sumbar. Berdasarkan tracing dan tracking,katanya, hamper semua yang terpapar kali ini karena imported case dan tak seorangpun yang mendapati Covid karena local transmission.

“Jadi, kami menghimbau bagi siapapun yang baru pulang bepergian dari luar sumbar, terutama dari daerah terjangkit yang kategori merah hendaknya ikut test PCR/SWAB secara gratis begitu mendarat di BIM.  Seluruh biaya test PCR ini ditanggung oleh Pemprov,”katanya. (HP-001)

  • Bagikan