Pulang dari Kalimantan, Seorang Warga Sawahlunto Positif Covid-19

sawahlunto
Warga tangsi baru dan masyarakat dari luar Sawahlunto yang pulang untuk merayakan hari raya Idul Adha tengah melakukan swab, usai ditmukan satu warga pulang dari Kalimantan yang positif Covid - 19.

HALOPADANG.ID–Satu orang warga di Sawahlunto terdeteksi mengidap covid 19. Pria itu diketahui berinisial S (55) warga Tangsi Baru Kelurahan Tanah Lapang Kecamatan Lembah Segar,karyawan aktif PTBA dari Kalimantan. Kini Ia sudah dirawat di Rumah Sakit Rasidin Padang.

Sekretaris gugus tugas percepatan penanganan Covid – 19 Kota Sawahlunto, Adriyusman menuturkan, S sudah sepuluh hari di Sawahlunto, dia pulang dengan mengambil cuti untuk merayakan Raya Iduladha.

“S ini terdeteksi Positif Covid- 19, setelah diperiksa di RSUD Sawahlunto karena ada gangguan kesehatan. Karena kecurigaan berasal dari luar Sawahlunto, maka S dilakukan swab pada hari Jumat (24/7) dan hasilnya keluar pada Senin (27/7) dengan dinyatakan positif,” ujar Adriyusman, Selasa (28/7).

Selanjutnya tim gugus tugas bergerak dengan langsung membawa korban ke Padang serta melakukan tracking dengan 7 orang keluarga dan tetangganya ke Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sungai Durian untuk di karantina dan dilakulan Swab.

“Kami menunggu hasil swabnya besok (Rabu 29/7, red). Jika positif, akan dilakukan penelusuran riwayat perjalan dan kontak yang bersangkutan. Selanjutnya akan ditracking keseluruhan yang bersentuhan dengan yang bersangkutan berserta keluarga dan tetangganya,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan ini Adriyusman berharap, sertiap orang yang melakukan perjalanan luar daerah kelaura ataupun masuk ke Sawahlunto, agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Lakukan isolasi mandiri dan melapor kepada petugas kesehatan sehingga dapat dipantau dan tidak membuat resah masyarakat lainnya.

Kepada aparatur desa dan kelurahan juga diimbau agar lebih pro aktif terhadap lalulintas warga antar daerah, sehingga penyebaran virus Covid ini dapat dideteksi sedari dini, saat orang tersebut datang kekota ini.

“Jangan terlalu takut akan Covid-19 ini, akan tetapi jangan anggap remeh dan lengah. Sekali lengah akibatnya fatal dan membuat takit dan resah masyarakat yang ada. Sampai kejelasan mengenai warha terkena Covid yang telah durawat dannjuga hasil tracking keliarga dan tetangga yang bersangkutan, gugus tugas membuk kesempatan untuk warga disekitar cluster melakukan tes swab di BDTBT.(T-01)