Syarat Masuk Tauhid Ibrahim Harus Bawa Ayam

ibrahim
Ilustrasi ayam

HALOPADANG.ID–Pengikut aliran kepercayaan Tauhid Ibrahim, Zainul di Jorong Kapuh, Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok mengatakan, siapa pun bisa masuk atau ikut dengan ajaranya tersebut. Namun, bagi mereka yang baru masuk harus membawa syarat yakni seekor ayam.

“Syaratnya yakni membawa ayam. Nanti di situ akan ditanya (oleh guru) apakah mau tobat atau berobat, kalau tobat ditobatkannya. Selain itu ia juga bisa mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit apa saja,” ucapnya.

Sementara untuk ibadah haji seperti umumnya dalam ajaran di Islam, umat muslim pergi haji ke Mekah. Namun, bagi ajaran Tauhid Ibrahim ini cukup pergi ke Padang dan diwakili oleh gurunya.

“Kami dihajikan, cukup dibersihkan yang di dalam ini (hati), jadi ini hanya orang itu (guru) yang tahu. Jadi bukan ke tanah suci,”ucap Zainul.

Ia menceritakan, sejarah ajaran tersebut berasal dari gurunya di Padang. Sang guru tidak mempunyai guru besar, hanya saja sang guru mendapat ajaran itu setelah mendengar bisikan (ghaib) pada tahun 1989. Sejak itulah mulai banyak pengikutnya.(P-01)