Kuliah Pakar Prodi Kesmas STIKes Alifah, Siapkan Mahasiswa Menjadi Promotor Kesehatan Profesional

Tangkapan layar kuliah pakar prodi Kesmas STIKes Alifah Padang

HALOPADANG.ID — Pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia, membawa perubahan besar hampir di semua segi kehidupan. Dalam situasi ini tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam upaya menyelamatkan nyawa manusia. Untuk itulah tenaga kesehatan dituntut profesional dalam menjalankan tugasnya.

Bukan hanya tenaga kesehatan, mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan kesehatan juga mesti dipersiapkan untuk menghadapi pandemi tersebut, termasuk juga tantangan di masa yang akan datang.

Karena itulah STIKes Alifah Padang mengadakan kuliah online dengan tema Peran Promotor Kesehatan dalam Komunikasi Perubahan Perilaku di Era New Normal. Kuliah yang digelar pada Selasa (28/7/2020) tersebut bertujuan memberikan gambaran yang lebih luas tentang bagaimana peran tenaga kesehatan termasuk bagaimana mereka menjalankan tugasnya yang sangat menantang di masa pandemi ini.

Kuliah online tersebut dilakukan melalui aplikasi Zoom dan live di chanel YouTube STIKes Alifah Padang yang diikuti seluruh mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat.

Tampil sebagai pemateri, Dr Dra Rita Damayanti, MSPH, selaku Ketua Umum PPPKMI yang juga salah seorang dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Dalam pembukaannya Rita menyampaikan bagaimana peran tenaga kesehatan dalam memberikan penyuluhan ke masyarakat terkait Covid-19 yang sedang terjadi. Selanjutnya Ia juga menerangkan mengenai apa itu PPPKMI, standar kompetensi Tenaga Promosi Kesehatan, pandemi yang sedang terjadi, strategi komunikasi, hingga peran Puskesmas sebagai garda terdepan.

Lebih lanjut Rita juga memaparkan seputar siapa saja tenaga promosi kesehatan dan secara spesifik dijelaskan juga bahwa tenaga Promotor kesehatan (promkes) tersebut termasuk semua lulusan FKM yang lulus uji kompetensi, diakui memiliki kemampuan promkes standar. Di sana juga termasuk untuk mendapatkan STR minimal bekerja 1 tahun di bidang promkes atau persyaratan lainnya. Kemudian peminatan PKIP diakui kemampuan untuk langsung mendapatkan STR.

“Kemudian juga semua lulusan D4 Promkes yang lulus uji kompetensi,” jelasnya.

Secara umum kegiatan kuliah online yang dimoderatori oleh Wilda Tri Yuliza, M.Kes dari Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Alifah tersebut diharapkan dapat membantu mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat untuk menjadi Promkes yang profesional dan dapat menjadi tenaga kesehatan yang siap kerja.