Berbekal Recehan di Celengan, Bocah SD Ini Beli Hewan Qurban

Habibi (kanan) dan adiknya, Nayra Sabila (Foto Antara)

HALOPADANG.ID — Seorang anak kelas 4 SD di Palembang, Muhammad Amir Althaf Habibi, mampu membeli hewan qurban seharga Rp 1.975.000 dengan uang hasil menabung di celengan.

Habibi, panggilan akrab bocah itu, sudah rajin menabung di celengan yang dibelikan orang tuanya setahun terakhir. Setiap harinya, ia menyisihkan uang jajannya Rp 1.000 atau Rp 2.000.

“Tabungan saya sudah lama. Kalau ada uang pasti saya menabung. Apalagi kalau hari raya Idul Fitri, saya pasti menabung di celengan. Kalau lebaran ada THR, jadi bisa menabung lebih banyak,” ujar Habibi seperti dikutip dari Antara, Selasa (28/7/2020).

Setelah terkumpul, tabungan itu akhirnya dibongkar. Tak hanya uang pecahan Rp 1.000 atau Rp 2.ooo, banyak juga uang lembaran Rp 5.000 hingga Rp 100.000.

“Alhamdulillah, saat tabungan dipecahkan. Cukup buat beli kambing kurban untuk Idul Adha tahun ini,” tambahnya.

Setelah menghitung uangnya, ia meminta kepada orang tuanya untuk membeli kambing kurban dengan standar harga Rp 1.975.000. Melalui Sahabat Juang Indonesia yang kemudian diteruskan ke Dompet Dhuafa Sumsel yang punya program Tebar Hewan Kurban, Habibi membeli satu ekor kambing kurban.

Rencananya, hewan qurban atas nama Habibi akan disalurkan ke Sungai Rengas, Gandus, Palembang. Sementara itu, Habibi dan keluarganya tinggal di Suka Mulya Raya Kelurahan Talang Aman, Kecamatan Kemuning, Palembang.

“Habibi ini, anak pertama. Tabungan cukup beli satu ekor kambing kurban, sementara adiknya Nayra Sabila Ilma tahun ini ikut sedekah daging kurban,” kata ibu Habibi, Retno Dwi Ambarwulan.