Pertama di Sumbar, SMAN 1 Tanjung Raya Agam Menuju Schoology dan Examview

Pertama di Sumbar, SMAN 1 Tanjung Raya Agam Menuju Schoology dan Examview (AMC)

HALOPADANG.ID — Pertama di Sumatera Barat, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tanjung Raya bakal terapkan Learning Management Sistem melalui Pelatihan Schoology (Pembelajaran Interaktif) dan Examview (Ujian Berbasis Komputer).

Kepala SMAN 1 Tanjung Raya, Burmal mengatakan sekolahnya akan mengimplementasikan Schoology dan Examview. Hal tersebut dipilih guna pembiasaan terhadap digitalisasi.

“Kami sepakat dan akan implementasikan Schoology dan Examview. Targetnya bulan depan sudah bisa terealisasi. Sehingga soal-soal sudah bisa melalui jaringan internet dan android,” ujarnya, Minggu (26/7/2020).

Dikatakan Burmal, sistem digitalisasi tersebut sangat cocok diterapkan di masa pandemi Covid-19. Metode yang akan digunakan adalah metode pengayaan dan evaluasi.

“Karena ini berbasis virtual atau daring, maka akan memudahkan pembelajaran di masa pandemi Covid-19,” tuturnya.

Dijelaskan, secara sederhana schoology dapat diartikan sebagai kelas virtual yang bisa diakses melalui www.schoology.com, sementara examview merupakan proses pelaksanaan ujian secara virtual.

“Nantinya guru-guru akan membuat akun di schoolgy.com, disana tersedia semacam portal pembelajaran,” jelasnya.

Ditambahkan, guru-guru diajarkan tentang teknik atau metode schoology berbasis during, seperti pembuatan akun khusus di website www.schoology.com.

“Guru juga akan membuat kelas dan memberikan berbagai pelajarannya di kelas dunia maya tersebut,” imbuhnya.

Untuk menyukseskan program tersebut, SMAN 1 Tanjung Raya telah melatih 30 orang guru dan 2 orang operator terkait schoology dan examview.

“Melalui examview guru akan menyusun soal yang di import ke sebuah aplikasi khusus melalui website Examview. Dan yang hanya bisa diakses oleh orang yang telah terhubung sebelumnya. Soal yang dibuat oleh guru dan diolah langsung oleh operasional sekolah,” jelasnya. (002/AMC)