Batuhampar, Nagari yang Siap Menjadi Kawasan Agrowisata di Limapuluh Kota

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat mengunjungi kebun buah naga di Nagari Batuhampar, Limapuluh Kota

HALOPADANG.ID — Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit meninjau hamparan kebun buah naga Nagari Batuhampar, Kecamatan Akabiluru Limapuluh Kota. Perkebunan ini ternyata punya potensi untuk dijadikan kawasan agrowisata yang bisa menyejaterahkan masyarakat setempat.

“Nagari Batuhampar Kecamatan Akabiluru berpotensi mengembangkan agrowisata dan tata nagari yang bagus. Apa lagi pemerintah akan membantu supaya lebih memudahkan mobilisasi dan transportasi dengan tujuan meningkatkan pendapatan pertanian kita,”ujar Nasrul Abit di sela-sela kunjungan, Selasa (21/7/2020)

Menurut Nasrul, jika peluang ini bisa dimanfaatkan dengan baik, maka akan menjadi ekonomi baru di Nagari Batuhampar, yang pada akhirnya turut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Walinagari Batuhampar, Romi Suhardi mengatakan selain buah naga saat ini sudah tumbuh subur lahan pisang 10 hektare, lahan lemon yang lagi berbuah 25 hektare, serta ada jeruk.

Romi berharap daerah bisa dikembangkan menjadi lokasi agrowisata.Untuk pengembangan ke depan perlu sentuhan baik dari Pemkab Limapuluh kota, provinsi dan pemerintah pusat, terutama dalam pembangunan infrastruktur jalan dan pemasaran.