Untuk Keamanan dan Kenyamanan Pengunjung, Padang Pariaman Gelar Tes Usap bagi Pemandu Wisata

Ilustrasi Swab Test

HALOPADANG.ID — Sebanyak 34 pemandu wisata di Kabupaten Padang Pariaman mengikuti tes usap yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi (Pemprov) Sumbar guna memberikan kesan aman dan nyaman kepada wisatawan saat berwisata di daerah itu.

“Tes usap ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar melalui Dinas Kesehatan Padang Pariaman,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman, Jon Kenedi usai pelaksanaan pengambilan sampel tes usap pemadu wisata di Posko Nyarai, Lubuk Alung, Senin (20/7/2020).

Tes usap tersebut merupakan program dari Dinas Pariwisata Sumbar untuk 99 orang pemandu wisata dan 200 pelaku usaha pariwisata di Sumbar.

Ia menyampaikan setelah melaksanakan tes usap untuk pemandu wisata maka tes tersebut akan dilanjutkan untuk masyarakat yang bergerak di bidang usaha penginapan, rumah makan, dan usaha kecil menengah.

“Tujuannya agar Sumbar menjadi tujuan wisata bebas COVID-19,” ujarnya.

Lebih lanjut Kensi menambahkan setidaknya di Padang Pariaman ada puluhan pemandu wisata yang berasal dari tiga objek wisata unggulan di daerah itu mengikuti tes usap.

Ia menyebutkan adapun jumlah pemandu wisata dan objek wisata tersebut yaitu LA Rafting sebanyak enam orang, Rumah Putiah tiga orang, dan Nyarai 25 orang.

Tes usap merupakan salah satu langkah pihaknya untuk memastikan kesehatan pemandu wisata di daerah itu sehingga wisatawan bisa nyaman dan aman saat liburan ke objek wisata tersebut.