BKSDA Agam Bantah Tim Pencari Korban Hilang di Sungai Masang Dihadang Buaya

Tim gabungan mencari korban tenggelam di sungai Masang, Agam

HALOPADANG.ID — Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Sumatera Barat mengklarifikasi terkait informasi tim yang mencari korban hilang di Sungai Batang Masang Zainal (35) dihadang sejumlah buaya muara.

“Tidak benar ada buaya muara yang menghadang tim saat mencari jasad warga yang tenggelam di sungai itu. Saya menanyakan setiap tim dan mereka tidak ada dihadang buaya tersebut,” kata Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra di Lubukbasung, Senin (20/7/2020).

Ia mengakui Sungai Batang Masang memang merupakan habitat dari buaya muara. Namun petugas BKSDA Resor Agam tidak menemukan buaya muara saat ikut mencari keberadaan jasad Zainal yang tenggelam saat mencari lokan pada Jumat (17/7/2020).

“Kami sudah tiga hari mencari korban dan tidak menemukan buaya, Berkemungkinan buaya itu sedang di dasar sungai atau berada di daerah lain,” katanya.

Ia menambahkan jasas Zainal belum bisa dipastikan di mangsa buaya, karena teman korban tidak melihat adanya buaya saat korban menyelam.

Sementara kebiasaan buaya muara menyerang musuhnya akan dilepaS setelah dimangsa dan diputar-putar beberapa kali.

Setelah itu, buaya melepas mangsa yang dimakan tidak sampai 24 jam dan kalau buaya memakan mangsanya tidak sampai habis.

“Biasanya buaya tidak memakan habis mangsa yang dimakan. Belum bisa dipastikan korban diserang buaya dan tim sudah memutuskan saat rapat,” katanya.