Hasil Tes Usap Massal, Seorang Guru di Payakumbuh Positif Corona

Pelaksanaan tes usap massal ratusan guru di Payakumbuh (Senin, 13/7/2020)

HALOPADANG.ID — Seorang guru di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Payakumbuh dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Payakumbuh, Bakhrizal di Payakumbuh, Jumat (17/7/2020).

Bakhrizal mengatakan kepastian guru yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut berdasarkan pelaksanaan tes usap massal yang dilakukan terhadap ratusan guru di kota tersebut.

“Berdasarkan hasil tes usap terhadap guru di jajaran Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh pada Selasa (14/7/2020), ternyata ada satu orang guru berinisial MS yang hasilnya positif,” ujar dia.

Dengan tambahan kasus positif ini, total kasus positif di Payakumbuh berjumlah dua orang.

Selanjutnya, Bakhrizal mengatakan setelah mendapati satu kasus positif tersebut pihak DKK Payakumbuh langsung turun melakukan pelacakan kepada warga yang pernah kontak dengan pasien dalam kurun waktu 14 hari terakhir.

“Pastinya, seluruh guru yang ada di sekolah tersebut yang memang pernah kontak dengan pasien langsung dilakukan tes. Tidak ada menunggu-nunggu, langsung dites hari ini juga,” sebutnya.

Total, pada Jumat (17/7/2020) ini telah dilakukan tes usap kepada 100 orang yang pernah kontak dengan pasien MS. Tes usap juga akan dilanjutkan pada hari ini.

“Tadi dari pelacakan kami, masih ada yang pernah kontak. Maka, Sabtu kami juga masih akan melakukan tes usap,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemkot Payakumbuh pada pekan ini yang dimulai pada Senin (13/7/2020) melakukan tes usap massal yang ditargetkan kepada 750 guru yang berumur di atas 40 tahun.