Niniak Mamak Sepakat, Tabuik di Kota Pariaman Tahun Ini Ditiadakan

tabuik
Tabuik (dok)

HALOPADANG.ID–Dikarenakan masa pandemi covid-19 belum berakhir, membuat para tokoh adat dan budaya yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pasa dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) V Koto Air Pampan duduk bersama dengan Pemko Pariaman.

Hal itu terkait dengan iven budaya Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2020 yang dalam jadwalnya semula akan berlangsung mulai tanggal 21 Agustus 2020 hingga puncak hoyak tabuik pada 31 Agustus 2020.

Perwakilan dari Tuo Tabuik tersebut, sekaligus menjadi juru bicaranya, Firman Zuhri Darab yang juga Ketua KAN Pasa menerangkan, sebelum duduk bersama dan rapat di kantor Balaikota ini, para niniak mamak dan tuo tabuik juga telah mulai membahas-bahas terkait jelang pelaksanaan iven tabuik.

Baca Juga :  Resmikan Penggunaan 2 BTS di Tanjuang Labuah, Andre Rosiade Targetkan Blankspot di Sijunjung Tuntas

“Namun, dari kesimpulan para tuo tabuik dan niniak mamak kepanitiaan tabuik nantinya, berhubung saat ini beberapa daerah di Sumbar dan luar Sumbar masih dalam kondisi zona merah, membuat para tokoh adat Piaman dan niniak mamak tersebut menyepakati untuk mengundur event tahunan pesona hoyak tabuik piaman tahun 2020 ini ke tahun 2021 mendatang, dan tidak dilaksanakan tahun 2020 ini,” ujar Firman Zuhri Darab, Kamis (16/7).

Ia menerangkan, bahwa ada kesepakatan bersama mengakui untuk Kota Pariaman saat ini memang sudah nol kasus positif, tapi juga menyadari para pengunjung pesona hoyak tabuik nantinya yang akan datang bahkan sampai puluhan ribu orang juga berasal dari luar Kota Pariaman.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

“Bahkan, ada yang dari luar Provinsi Sumbar. Baik itu para perantau Pariaman yang hendak pulang kampung di masa tabuik, ataupun para wisatawan yang akan datang nantinya ke Pariaman,” ujarnya menambahkan.

Tentunya, sambungnya lagi, hal ini tak dapat menjamin, membendung, puluhan ribu orang yang datang nantinya, dan juga menyadari bahwa protokol covid sesuai anjuran pemerintah akan terlanggar.

“Karena, dalam sebuah firman Allah telah dinyatakan, apabila sebuah perbuatan atau kegiatan tersebut yang kita laksanakan akan lebih banyak mendatangakan mudharat walaupun itu hal baik, maka sebaiknya tidak kita laksanakan,” imbuh Firman Zuhri Darab meyakinkan.

Mendengar pernyataan dan kesepakatan dari para niniak mamak, tuo tabuik tersebut, Wako Genius Umar sampaikan ucapan terima kasih atas pengertian dari kaum niniak mamak sebagai pengayom daerah.

Baca Juga :  Andre Rosiade Resmikan Penggunaan BTS di Kamang Bakti Sijunjung

“Atas nama Pemko Pariaman, saya apresiasi langkah bijak yang disepakati oleh para tokoh niniak mamak dan tuo tabuik dalam mengantisipasi dan memutus mata rantai wabah covid-19 yang akan menyebar di Kota Pariaman, karena alhamdulillah, saat ini Kota Pariaman masih dilindungi Allah SWT atas wabah yang telah mendunia ini,” ujar Genius.

Meskipun saat ini zero kasus corona, sambung Genius lagi, jangan sampai membuat semua pihak lengah dan mengabaikan protokol covid.(R-01/rel)