Pengetahuan Masyarakat Sumbar Seputar HIV Dinilai Masih Rendah

Ilustrasi

HALOPADANG.ID — Deputi Advokasi Penggerakan dan Informasi (Adpin) BKKBN RI, Nofrijal menyatakan pengetahuan masyarakat Sumatera Barat akan Human Immunodeficiency Virus (HIV) masih rendah terutama pada generasi muda sehingga sosialisasi bahaya ini harusnya dilakukan melalui jalur pendidikan.

“Dari data 2007 hanya 52 persen masyarakat yang paham dengan HIV, ini memang data lama namun menjelaskan intensitas sosialisasi HIV di komunitas remaja, sekolah, masjid, mushala dan orang dewasa harus digulirkan,” kata dia di Padang, Senin (13/7/2020)

Ia menambahkan di Sumbar pasien yang mengalami HIV AIDS cukup banyak dan salah satu faktornya adalah akibat Lesbian Gay Biseksual Transgender (LGBT).

“Walaupun LGBT ini dilindungi hak asasi manusia, namun kita tidak bisa menutup mata ini menjadi salah satu faktor orang terkena penyakit ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

Ia menilai orang Sumatera Barat memiliki pikiran yang terbuka dan dapat mencerna penjelasan tentang bahaya HIV secara sains. Penyakit ini harus dijelaskan secara ilmiah kepada masyarakat agar dapat dicerna secara nalar dan akhir-akhir ini memang materi tentang HIV cukup berkurang.

“Saya belum mendalami apakah materi ini ada di kurikulum, namun menurut saya kita perlu mengenalkan hal ini melalui pendidikan karena remaja memiliki tantangan berat mulai dari pengaruh zaman dan teknologi, pergaulan dan potensi menikah usia anak,” jelas dia.