Belajar Secara Daring, Guru dan Murid di Padang Panjang Harus Bisa IT

guru
Foto bersama Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran dengan guru

HALOPADANG.ID–Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran Datuak Paduko Malano, mengajak seluruh majelis guru dan peserta didik daerah itu, untuk menyongsong tahun ajaran baru dengan penuh semangat. Hal tersebut disampaikan Fadly saat memberi arahan pada Pembukaan Tahun Ajaran baru 2020/2021 sekaligus launching video pembelajaran di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang, Senin (13/07).

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi III DPRD Kota Padang Panjang, Yudha Prasetya beserta Anggota Adityawarman, Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang, M. Ali Tabrani beserta jajaran dan Kepala Sekolah TK, SD dan SMP se- Kota Padang Panjang.

Fadly mengatakan, dengan kondisi Covid-19 yang masih melanda ini, tentunya kita harus menyesuaikan sedemikian rupa di setiap bidang, khususnya di bidang pemerintahan

“Maka dari itu pembelajaran melalui media daring ini, tidak bisa dihindarkan, karena mau ada pandemi atau tidak anak-anak harus dibiasakan untuk belajar secara daring, karena sekarang sudah eranya teknologi, semuanya harus bisa menguasai IT,” ucapnya.

Termasuk, katanya, guru dituntut harus sudah bisa memberikan metoda ini kepada anak murid walaupun nanti Covid ini sudah berlalu, sehingga perlu tata cara teknis yang baik dalam menyajikan sebuah video interaktif yang akan diberikan kepada anak murid nantinya.

“Kalau misalnya video pembelajaran saja tidak interaktif mungkin gurunya saja yang berbicara, tetapi kalau interaktif ini kewajiban kita memberikan pembelajaran yang menarik kepada anak murid,” ujarnya.

Ia berharap di tahun ajaran baru ini, masing – masing guru dan sekolah dapat menyesuaikan diri dan memberikan proses pembelajaran – pembelajaran yang menarik bagi anak murid baik melalui daring maupun luring.

“Mudah – mudahan pandemi ini cepat berlalu, sehingga pembelajaran tatap muka bisa dilakukan sesegera mungkin,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang, Drs. M. Ali Tabrani,berharap dengan pembukaan tahun ajaran baru yang dihadiri oleh Walikota Padang Panjang, ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran baik secara luring dan daring.(R-01/rel)