Meski Kasus Corona Rendah, November Thailang Akan Uji Coba Vaksin pada Manusia

Ilustrasi Vaksin

HALOPADANG.ID — Para peneliti Thailand berencana untuk memulai uji coba vaksin potensial virus corona baru terhadap manusia pada bulan November.

Menyadur Channel News Asia, para peneliti Thailand tengah mempersiapkan 10.000 dosis vaksin potensial Covid-19 untuk pengujian terhadap manusia, kata seorang pejabat senior pada hari Minggu (12/7/2020).

“Mengikuti hasil positif dalam uji coba pada primata, langkah selanjutnya adalah membuat dosis untuk uji coba pada manusia,” kata Kiat Ruxrungtham, direktur program pengembangan vaksin Universitas Chulalongkorn di Bangkok.

“Awalnya kami akan mencobanya pada bulan Juni, tetapi tidak mudah untuk merencanakan semuanya,” tambahnya.

Ruxrungtham menjelaskan bahwa fasilitas pertama akan menyelesaikan produksi pada bulan Oktober dan mengirim produk ke fasilitas kedua, yang akan selesai pada bulan November 2020.

Fasilitas di San Diego dan Vancouver akan menghasilkan 10.000 dosis untuk uji coba pada 5.000 orang. Kelompok pertama, berusia 18 hingga 60 tahun, akan menerima dosis vaksin yang berbeda.

“Uji coba tidak akan menerima sukarelawan sampai kami menerima persetujuan dari Administrasi Makanan dan Obat-obatan Thailand dan komite etika”, kata Ruxrungtham saat konferensi pers dikutip dari Channel News Asia.

Ruxrungtham juga menjelaskan BioNet-Asia, sebuah perusahaan Thailand, sedang mempersiapkan fasilitasnya untuk pembuatan skala besar jika uji coba terbukti berhasil.

“Jika semuanya berjalan sesuai rencana, vaksin akan siap untuk Thailand pada kuartal ketiga atau keempat tahun depan,” kata Ruxrungtham.

Thailand pada hari Minggu (12/7/2020) mencatat 3.217 kasus, tanpa transmisi lokal dilaporkan dalam lebih dari sebulan, dan 58 kasus kematian.

Hingga kini belum ada vaksin yang secara resmi disetujui untuk melawan virus corona, tetapi 19 kandidat sedang ‘dikebut’ pengerjaanya secara global. China memimpin perlombaan, dengan vaksin eksperimental buatan Sinovac Biotech.