Bisnis Ayam Bhabinkamtibmas di Pasbar Ini Mampu Produksi 2000 Telur per Hari

telur
Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi S IK MH, Bupati Pasbar Yulianto panen raya di peternakan bhabinkamtibmas Aipda Muktaruddin.

HALOPADANG.ID–Selain menjalankan tugas sebagai Bhabinkamtibmas di Nagari Kajai Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Aipda Muktaruddin juga memiliki usaha ayam petelur yang mencapai 2.680 ekor dan menghasilkan 2.040 butir telur setiap harinya.

Karena mampu menciptakan lapangan kerja dan menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Pasaman Barat, Aipda Muktaruddin mendapatkan perhatian dan penghargaan dari Polda Sumbar, yang diwakili oleh Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Karo rena) Polda Sumbar kombes pol Drs. Dharu Siswanto, Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi,dan Bupati Pasbar Yulianto dengan panen raya Kamis (9/7).

Lokasi peternakan ayam yang berada di Yaptip Jorong Pasaman Baru Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat luas lahan 11×54 meter dan untuk kandang 11×48 tersebut berpenghasilan sebesar Rp30 juta per bulan.

Keterangan dari Aipda Muktaruddin, selain meningkatkan perekonomian keluarga juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Usaha ini memang awalnya untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Namun, berkembang menjadi membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Produk kita sehari 2.040 butir per hari dan disalurkan ke Simpang Empat, dan Payakumbuh,”katanya.

Selain itu, Ia berharap bantuan dari korps yang menaunginya selama ini serta dari pemerintah daerah alat pengaduk makanan kapasitas 2 ton. Sebab, usaha yang dirintis tersebut harus tetap berjalan sehingga karyawan yang ada memiliki mata pencaharian. Saatnya karyawannya mencapai 5 orang dan bisa saja bertambah ke depannya.

“Kegiatan panen raya ayam petelur tersebut dilaksanakan di lokasi milik Bhabinkamtibmas Aipda Muktarudin, yang merupakan Bhabin Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat,” kata Kapolres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariyadi SIK melalui Kasubag Humas AKP Defrizal.

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk partisipasi Polri dalam rangka memelihara ketahanan pangan sehingga hal ini dapat memenuhi kebutuhan telur ayam di tengah masyarakat khususnya di Kabupaten Pasaman Barat.

“Semoga Bhabinkamtibmas Aipda Muktarudin bisa lebih bersemangat lagi dalam mengembangkan usaha berternak ayam petelur,” harapnya.(S-01)