KPU Dharmasraya Tuntaskan Verifikasi Faktual Dukungan Calon Independen Pilgub Sumbar

KPU Dharmasraya, memberikan bimbingan teknis terhadap PPK se Kabupaten tersebut

HALOPADANG.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, telah menyelesaikan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan gubernur dan wakil gubernur Sumbar.

“Kita sudah menyelesaikan satu tugas berat memverifikasi faktual calaon perseorangan gubernur dan wakil gubernur,”ungkap Ketua KPU Dharmasraya, Maradis, kamis (9/7/2020)

Dijelaskannya, dari jumlah dukungan untuk calon perseorangan gubernur dan wakil gubernur sebanyak 23.232 sudah tuntas di verifikasi faktual oleh tenaga Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan verifikator yang ditunjuk oleh KPU. Petugas tersebut sebanyak 530 orang yang dilengkapi dengan APD dan mengikuti protokol kesehatan dalam menjalankan tugas.

Maradis melanjutkan tenaga PPK dan calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dilakukan Swab Test sekaligus dilakukan penyerahan alat pelindung diri (APD) agar tidak terpapar Covid-19 ketika menjalankan tugas.

Hari ini juga dilaksanakan bimbingan teknis terhadap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), karena selanjutnya PPK se Kabupaten Dharmasraya sebagai perpanjangan tangan KPU Dharmasraya di kecamatan, segera menjalankan tugasnya yang sudah di depan mata seperti pemutakhiran daftar pemilih (Mutarlih).