Tahun depan Vaksin Corona sudah Tersedia di Indonesia, Sekitar 350 Juta Dosis Dipersiapkan

Ilustrasi Vaksin

HALOPADANG.ID — Saat ini Indonesia juga tengah mengembangkan vaksin Corona untuk mengakhiri pandemi COVID-19 yang saat ini telah menginfeksi 66 ribu warga RI. Vaksin Corona yang dikembangkan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) bersama dengan dua industri farmasi lainnya berencana menyediakan sekitar 350 juta dosis yang diperkirakan bakal tersedia 2021 mendatang.

“Industri sudah memperkirakan fasilitas produksi vaksin di Indonesia bisa memenuhi kebutuhan sampai sekitar 350 juta dosis,” tutur Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME), Prof Amin Soebandrio, Rabu (8/7/2020).

Hitungannya, vaksin sekiranya harus mengcover sekitar 70 persen dari populasi masyarakat Indonesia. Dengan jumlah penduduk RI sebanyak 267,7 juta (Sensus 2018), diperkirakan vaksin bisa didapatkan oleh 175 juta orang.

Baca Juga :  Nobar Saat Timnas Kalahkan Vietnam, Presiden Jokowi Bersuka Cita Bersama Menteri dan Staf

“Kalau setiap orang harus disuntik dua kali, berarti kami harus menyediakan 350 juta dosis. Rencananya memang dilakukan pemberian dua dosis setiap orang,” jelasnya.

Progres pembuatan vaksin Corona di Indonesia telah mencapai 20 persen. Untuk uji klinis ke manusia, diperkirakan bisa dilakukan sekitar awal tahun 2021.

“Mungkin sekitar Maret-April diharapkan sudah mulai uji klinis fase 1 dulu kemudian kalau sudah selesai baru dilanjutkan fase 2 dan 3,” pungkas Prof Amin.(002)