Sawahlunto Hibahkan Tanah untuk Pembangunan Kampus UNP

unp
Wawako Zohirin Sayuti didampingi Kadis Pendidikan, Asril saat meninjau lahan untuk pembangunan Kampus PSDKU UNP di arel Kandi Sawahlunto. Humas

HALOPADANG.ID-Pemerintah Kota Sawahlunto menyediakan lahan dan akan membangun kampus jauh Universitas Negeri Padang (UNP) di area Kandi. Sebelumnya Pemko telah meneken Momerandum of Understanding (MoU) dengan Rektor UNP

“Pemko telah menjajaki kerjasama dan menandatangani kesepakatan dengan Rektor UNP untuk membuka program perkualiahan di Sawahluntio atau Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) dengan program studi awal, yakni D3 Tambang dan Alat Berat,” kata Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, saat meninjau lokasi untuk pembangunan gedung kampus UNP di areal Kandi Rabu (8/7).

Zohirin menyebutkan, dalam kerjasama yang diteken pada 2 Juli lalu, Pemko harus mengibahkan lahan selias 5,1 hektar bersertifikat dan membangun gedung kampus. Sementara UNP bertanggungjawab sepenuhnya operasional kampus.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

“Di tahun ajaran baru ini program perkuliahan PSDKU UNP baik D3 Tambang maupun D3 Alat Berat akan dimulai dengan lokasi kampus sementara di Lokal SDN 7 Muaro Kalaban. Proses Penerimaan Mahasiswa menjadi tanggung jawab UNP,” ujar Zohirin.

Sebagai langkah cepat, pihaknya menginstruksikan kepada dinas PUPR untuk segera melakukan pematangan lahan dan berkoordinasi dengan UNP guna merancang masterplan sesuai kebutuhan universitas.

“Masterplan gedung dan pematangan lahan harus selesai di tahun ini, sehingga di awal 2021 proses pembangunan fisik harus sudah dimulai,” ujarnya.

Zohirin menyebutkan, PSDKU UNP ini adalah upaya membangun kembali roh pendidikan tinggi Sawahlunto yang sempat gagal karena Akademi Komunitas dan Program D3 tambang yang ditarik Provinsi. Salah satu penyebabnya sebut Zohirin, tidak terealisasinya pembangunan gedung kampus dalam 2 tahun berjalan.

Baca Juga :  Pesantren Kauman Kembangkan Kreativitas Santri Lewat Nobar dan Beda Film Pendek

“Belajar dari pengalaman tersebut, kini kita serius menindaklanjuti kerjasama membangun kampus Peguruan Tinggi yang akan memberi efek tidak hanya meningkatkan SDM, tapi juga ekonomi warga Sawahlunto,” tuturnya.(J-01)