ASN Payakumbuh Berkurban Rendang, IKM Siap Bantu Pengolahan

pariwisata
Ilustrasi rendang

HALOPADANG.ID–Sebagaimana yang telah digagas oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz beberapa waktu yang lalu untuk program ASN berkurban dengan menyerahkan hasil olahan daging kurban berupa rendang, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) mengatakan siap untuk proses pengolahannya.

“Untuk daging kurban nanti akan diolah di sentra IKM randang dan kami siap melakukannya dari pengolahan sampai proses pengemasan,” kata Kadisnakerperin Wal Asri baru-baru ini.

Direncakan, untuk pelaksanaan ASN berkurban akan dilakukan penyemblihan di Rumah Potong Hewan (RPH) Moderen di Kelurahan Koto Panjang Payobasung pada hari Sabtu (01/08).

Setelah penyemblihan, Wal Asri menyebut daging yang akan dijadikan rendang 50 persen dari total kurban yang dilaksanakan dan sisanya akan diberikan kepada masyarakat kurang mampu serta petugas kebersihan.

“Karena yang akan kita jadikan rendang ini nantinya daging maka dari itu sisanya kami berikan kepada masyarakat, dan untuk rendang ini nantinya akan diberikan kepada peserta kurban berupa rendang dengan kisaran setengah kilogram dan juga akan diberikan kepada masyarakat miskin serta korban bencana,” ujarnya.

Kadisnakerperin menjelaskan, untuk rendang bagi korban bencana akan distok di sentra IKM randang dan untuk penyaluran nantinya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh.

“Agar tahan lama pengemasannya kami gunakan alumunium foil supaya tahan lama dan bisa disalurkan kapanpun,” ucapnya.

Ditemui terpisah Kabag Kesra Setdako Payakumbuh Ulfakhri mengatakan sampai saat ini yang telah mendaftar untuk ASN berkurban berjumalah 31 orang.

“Kami masih menerima bagi yang mau berkurban bersama Pemko Payakumbuh, dan bisa langsung mendaftar ke Koperasi Kopai atau ke Bagian Kesra Setdako Payakumbuh sampai tanggal 10 Juli,” pungkasnya. (M-01)