Inilah Pohon Jambu Terbesar di Dunia, 1 Pohon Serupa Hutan

Pohon jambu mede terbesar di dunia menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Brazil

HALOPADANG.ID — Pernah membayangkan satu pohon yang besar dan rimbun seperti hutan? Di Brasil ada. Inilah pohon jambu mede terbesar di dunia. Luasnya 8.500 meter persegi!

Berlokasi di negara bagian Rio Grande do Norte, tepatnya di kota pesisir pantai kecil bernama Pirangi do Norte, di situlah pohon Jambu Mede raksasa itu berada.

Jambu Mede itu pantas disebut raksasa karena ukurannya yang sungguh luar biasa. Pohon ini tumbuh hingga seukuran 70 pohon jambu mede biasa.

Luas naungan kanopi yang terbentuk dari pohon ini juga sangat mengagumkan, mencakup area seluas 8.500 meter persegi. Sudah seperti hutan mini saja! Padahal hanya dari satu pohon jambu mede.

Dihimpun Halopadang.iddari beberapa sumber, Sabtu (4/7/2020) pohon Jambu Mede ini diperkirakan berusia 1.000 tahun lebih. Siapa yang menanam pertama kali dan kapan pohon ini ditanam, tidak ada yang tahu pasti.

Namun kabarnya, pohon Jambu Mede ini ditanam oleh seorang nelayan bernama Luis Inacio de Oliveira. Dia menanam pohon raksasa ini di tahun 1888.

 

Inilah Pohon Jambu Terbesar di Dunia, 1 Pohon Serupa Hutan 1
Rimbunnya dahan dan daun pohon jambu Mede terbesar di dunia ini menyerupai hutan

Pohon Jambu Mede itu pun dinobatkan sebagai ‘Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia’ oleh Guiness World Record. Rekor ini diprediksi akan bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama karena pohon jambu Mede itu terus tumbuh sampai sekarang dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti tumbuh.

Cabang-cabang pohon Jambu Mede ini membentang hingga sejauh 50 meter dari batang utamanya. Para peneliti menyebut pohon Jambu Mede ini mengalami mutasi genetik sehingga bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar.

Tidak seperti pohon Jambu Mede biasa yang tumbuh tegak ke atas. Pohon Jambu Mede di Brasil ini tumbuh besar ke arah samping dan menyebar ke arah sekelilingnya. Lambat laun, pohon ini pun menutupi area di sekeliling batang utamanya.

Pohon Jambu Mede raksasa ini pun jadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi turis dari berbagai negara. Pohon ini pun jadi salah satu spot Instagramable yang paling terkenal di negara bagian Rio Grande.