Pendaftar Online Calon Siswa SMA dan SMK di Sumbar Dekati 90 Persen Daya Tampung

Ilustrasi

HALOPADANG.ID — Jumlah calon perserta didik yang telah melakukan pendaftaran pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk SMA dan SMK Sumatra Barat (Sumbar) telah mencapai 62 ribu orang. Jumlah tersebut setelah dibukanya pendaftaran sejak 29 Juni 2020.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri mengatakan berdasarkan laporan terbaru jumlah pendaftar SMA sudah sebanyak sekitar daftar 41 ribu orang. Sedangkan pendaftar tingkat SMK sudah daftar 21 orang. Total keduanya sekitar 62 ribu orang.

“Terakhir 41 ribu untuk SMA dan 21 ribu untuk SMK, artinya sudah hampir 90 persen dari daya tampung kita yang sekitar 70 ribuan,” katanya Jumat (3/7/2020).

Diketahui kapasitas daya tampung bagi SMA adalah sekitar 50 orang dan SMK sekitar 26 ribu orang.

Disdik, menurutnya, nanti bakal membuka data para pendaftar secara realtime dan transparan. Saat ini belum bisa dilihat karena menu belum dibuka di website. Semua data peserta juga akan diverifikasi termasuk memastikan jarak rumahnya dari sekolah.

Hingga saat ini Disdik Sumbar masih membuka pendaftaran untuk calon peserta didik. Pendaftaran SMA dan SMK dilakukan pada 29 Juni sampai 6 Juli 2020. Pada tanggal 7 Juli peserta yang lolos seleksi diumumkan dan dapat langsung mendaftar sampai 8 Juli 2020.