Tiba-tiba Meledak Lagi, Hari ini Sumbar Tambah 16 Positif Covid

HALOPADANG.ID – Setelah dua pekan terakhir angka  pasien positif Covid-19 menunjukkan tren menurun, tiba-tiba pada Rabu (1/7/2020) ini Gugus Tugas penanganan Covid Sumatera Barat mengumumkan lonjakan positif Covid. Tak tanggung-tanggung. Ada 16 sampel yang terkonfirmasi positif dan 14 di antaranya berasal dari Kota Padang.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat Jasman Rizal dalam rilisnya menyebutkan selain Padang, dua lainnya disumbang daerah Padang Pariaman. Menurutnya, angka ini didapat dari  Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc

“Beliau melaporkan bahwa dari 697 sample swab yang dikirim survailance dari berbagai rumah sakit  Kabupaten dan Kota se Sumbar (679 diperiksa di Lab Unand dan 18 sample di Baso Agam) sementara sampai pukul 05.00 WIB terkonfirmasi sample yang positif bertambah 16 (enam belas) orang.

Dengan demikian total warga sumbar positif terinfeksi covid-19 hari ini  adalah 742 orang. Dari jumlah sebanyak itu, Jasman yang juga Kadis Kominfo Sumbar itu merincikan total kesembuhan 607 orang (81,80%). Sampai saat ini yang dirawat di Rumah sakit, karantina dan Isolasi Mandiri mencapai 104 orang (14,02%). Sisanya, dengan persentase kecil, 31 orang meninggal dunia, yakni 4,18%. (HP-001)