Masjid di Padang Panjang Ini Sudah Jalankan Salat Jamaah

masjid
Salah satu masjid di Padang Panjang yang tetap buka untuk jalan jamaah

HALOPADANG.ID–Dalam beberapa bulan terakhir, masjid-masjid di Indonesia ditutup guna memutus mata rantai penyebaran corona. Kini, seiring pemerintah menyiapkan kenormalan baru atau yang biasa disebut dengan new normal, rumah-rumah ibadah pun telah membuka kembali pintu-pintunya, dengan catatan penerapan protokol kesehatan.

Di Padang Panjang pembukaan kembali tempat ibadah sudah berlangsung selama 3 minggu belakangan ini, dengan syarat tempat ibadah yang boleh dibuka hanya tempat ibadah yang berada di zona hijau (tidak ada masyarakat yang terjangkit kasus Covid-19).

Salah satu tempat ibadah yang berada di zona hijau tersebut adalah Masjid Zuama yang terletak di Kelurahan Pasar Usang, Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

Menurut keterangan dari salah seorang Pengurus Masjid Zuama, Suryadarma mengatakan salat jamaah kali ini merupakan salat Jumat yang ketiga kalinya dilaksanakan, semenjak dua bulan terakhir sempat ditutup guna memutus mata rantai penyebaran corona di Kota Padang Panjang.

Terlihat para jamaah yang ingin melaksanakan salat Jumat terlebih dahulu diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas dari PMI Kota Padang Panjang yang berjaga di depan pintu masuk Masjid tersebut.

Para jamaah yang datangpun sudah menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ke masjid dan membawa sajadah sendiri dari rumah.

Disamping itu, pengurus Masjid Zuama, Suryadarma juga mengimbauan kepada jaamaah untuk berwuduk terlebih dahulu sebelum datang ke masjid serta tetap menjaga jarak (sosial distancing) dengan tidak melakukan kontak langsung seperti bersalaman. (R-01/rel)