Zoom Segera Pasang Enkripsi Untuk Pengguna Gratisan

Ilustrasi pengguna aplikasi Zoom

HALOPADANG.ID — Belum lama ini, aplikasi video konferensi Zoom sempat mengumumkan akuisisi terhadap perusahaan keamanan Keybase.

Lewat akusisi ini, Zoom disebut akan memperkuat fitur end-to-end encryption hanya untuk pengguna berbayar atau institusi.

Zoom beralasan keputusan untuk tidak menghadirkan teknologi end-to-end encryption bagi pengguna tidak berbayar (gratis) merupakan bentuk pencegahan agar layanannya digunakan untuk komunikasi yang melanggar hukum.

Dalam keterangannya, Zoom ingin agar teknologi end-to-end encryption dipakai oleh pengguna berbayar yang identitasnya terverifikasi. Berbeda dari pengguna gratis yang mendaftar diri hanya dengan alamat email.

Namun dari keterangan terbaru, seperti dikutip dari Phone Arena, Zoom akan mengubah rencana tersebut. Jadi, pengguna gratis juga akan mendapatkan teknologi end-to-end encryption.

Oleh sebab itu, perusahaan telah memperbarui desain end-to-end encryption di GitHub, sehingga fitur ini dapat menjadi opsi tambahan bagi seluruh pengguna, baik gratis atau berbayar.

Kendati sudah dipastikan hadir untuk pengguna gratis, Zoom tetap mensyaratkan verifikasi pengguna melalui pesan teks sebelum mengaktifkan fitur end-to-end encryption ini.

Zoom menuturkan proses verifikasi itu dibutuhkan untuk mencegah terjadinya pelanggaran aktivitas di platformnya. Adapun versi beta dari fitur end-to-end encryption ini dapat mulai dicoba bulan depan.(002)