23 Hotel Berbintang di Sumbar Adakan Tes Swab

hotel
Gubernur Sumbar saat mengunjungi salah satu hotel di Padang yang mengadakan tes swab,Senin (29/6).

HALOPADANG.ID–Pembukaan sektor pariwisata dipercaya akan menggenjot kembali perekonomian Sumatera Barat yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Kendati demikian, kebijakan ini juga mesti diringi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya dengan melakukan tes swab terhadap 1.073 orang karyawan hotel berbintang, Senin (29/6).

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyampaikan, ada sebanyak 23 hotel berbintang di Sumbar yang telah dan akan melakukan tes swab terhadap para karyawannya. Tes ini dilakukan untuk memastikan seluruh karyawan hotel, mulai dari cleaning service, resepsionis, hingga pihak manajemen negatif Covid-19, sehingga tercipta wisata yang sehat, nyaman, dan aman Covid-19.

“Ada sebanyak 23 hotel berbintang yang sudah dan akan menggelar tes swab. Hari ini ada delapan hotel yang mmenggelar secara serentak, sedangkan sisanya akan menyusul secara bertahap,” katanya usai meninjau pelaksanaan tes swab di Hotel Pangeran Beach, Senin (29/6).

Terkait pembiayaan, IP mengungkapkan bahwa tes ini sepenuhnya ditanggung Pemprov Sumbar bekerja, yang sama dengan Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Di sisi lain, pihak hotel menyediakan kebutuhan penginapan bagi petugas laboratorium yang bekerja selama 24 jam. “Bisa dibilang semacam barter. Oleh sebab itu, kami juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian pihak hotel. Kita saling bantu-membantulah,” katanya.

Ia juga menuturkan, sektor pariwisata Sumbar satu bulan terakhir telah menunjukkan tren yang positif. Hal ini sejalan dengan tingkat hunian hotel yang kian hari semakin bertambah.

“Kami bersyukur hunian hotel mulai meningkat lagi, setidaknya 50 kamar per hari. Bahkan, pada hari Minggu sudah mencapai 80 kamar. Hal ini menandakan pariwisata Sumbar pelan-pelan sudah berjalan. Di samping itu, sosialisasi dan promisi juga terus kami lakukan bersama Dinas Pariwisata Sumbar dan pemangku kebijakan terkait. Semoga dengan begini, pariwisata Sumbar bisa kembali menggeliat,” tutur IP.

General Manajer Pangeran Beach Hotel, Soedjoko dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sumbar yang telah membuka kembali sektor pariwisata.

“Kami senang dan bangga akan kebijakan Gubernur Sumbar yang cukup cepat memberikan kepastian aktivitas perekonomian daerah. Kami merasa terbantu dan termotivasi juga untuk bergerak cepat memberikan pelayan bagi tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Sumbar,” ucapnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan tes swab ini baru dilakukan di hotel berbintang, namun belum untuk hotel melati. Walau begitu, ia yakin apabila kunjungan wisatawan semakin meningkat, tes serupa tentu akan digelar di seluruh hotel. (Q-05)