Pencipta Lagu Gasiang Tangkurak Meninggal Dunia di Agam

lagu
TUTUP USIA - Pelayat memenuhi rumah duka almarhum Syahrul Tarun Yusuf di Jorong Subarang Nagari Balingka Kec. IV Koto, Kab. Agam, Senin (29/6).

HALOPADANG.ID–Syahrul Tarun Yusuf (78) seorang musisi tanah air asal Sumbar yang terkenal sebagai pencipta lagu lagu Minang tutup usia, di Jorong Subarang Nagari Balingka Kec. IV Koto, Kabupaten Agam, Senin (29/6) 06,00 WIB.

Almarhum meninggalkan satu orang istri dan tujuh orang anak serta belasan cucu. Semasa hidupnya almarhum telah ratusan menciptakan lagu seperti lagu Gasiang Tangkurak, Ampunkan Denai, Bapisah Bukannyo Bacarai serta ratusan lagu yang sudah dikenal tengah tengah masyarakat.

Salah seorang anak almarhum, Eko Pribadi mengatakan, almarhum meninggal dunia karena faktor usia. Semasa hidup almarhum telah menciptalan lagu lebih kurang 400 lagu.

“Inspirasi menciptakan lagu pengalaman hidup, setiap kalimat yang dianggap menarik kemudian ditulis dan dimasukan ke dalam celengan setelah penuh celengan itu dibongkar selanjutnya dirangkai menjadi sebuah lagu,” kata Eko Pribadi di rumah duka.

Menurut, Eko almarhum bapaknya selain aktif menciptakan lagu, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Desa pada tahun 1980 an. Almarhum belajar menciptakan lagu secara otodidak dengan darah seni yang mengalir dari kedua orangtuanya.

“Dari 7 orang anaknya tidak ada yang meneruskan jejak almarhum secara serius. Lagu yang terkesan oleh almarhum adalah lagu Ampun Mandeh,” ungkapnya.

Rencananya, almarhum akan dikebumikan di pandam pekuburan keluarga. Sosok almarhum dikenal mempunyai pergaulan yang sangat luas, buktinya terlihat dari banyaknya pelayat yang memadati rumah duka serta banyaknya karangan bunga sebagai bentuk duka cita dari pejabat mulai dari pemda hingga Pemrov Sumbar.(L-01).