Car Free Day Padang Dimulai Lagi 12 Juli

Suasana car free day di jalan Khatib Sulaiman Padang sebelum pandemi Corona

HALOPADANG.ID — Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana bakal membuka kembali hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang, pada 12 Juli 2020 mendatang. Biasanya, CFD ini dimanfaatkan masyarakat untuk berolahraga.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Bustavidia mengatakan, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi masyarakat ketika CFD kembali dibuka. Seperti, memenuhi protokol kesehatan penanganan covid-19.

“Persyaratan ini wajib dipenuhi. Kalau tidak, warga yang ingin masuk di car free day Jalan Khatib Sulaiman tidak diperbolehkan,” kata Bustavidia Minggu (28/6/2020).

Ia menyebutkan, apabila masyarakat yang masuk ke car free day hanya sekedar olahraga jalan diperbolehkan menggunakan masker. Namun jika lari atau bersepeda, diwajibkan pakai face shield (pelindung wajah).

“Olahraga lari itu diharuskan pakai face shield, tidak boleh pakai masker karena berbahaya. Termasuk olahraga sepeda. Warga harus melengkapi alat pelindung ini, kalau tidak, ya tidak boleh masuk,” ujarnya.

Sebelumnya, penghentian CFD di sepanjang jalan Khatib Sulaiman Padang telah dilakukan sejak tanggal 15 Maret 2020. Hal ini mengingat kondisi pandemi covid-19.

Sementara, untuk di kawasan GOR H Agus Salim, sejak kenormalan baru masyarakat juga telah memadati kawasan tersebut untuk berolahraga.