Tim Gabungan Fokus Sisir Pulau Cari 3 Korban Kapal Karam di Padang

Basarnas dan tim gabungan dalam pencarian korban kapal karam di Padang (foto Basarnas)

HALOPADANG.ID — Pencarian tiga korban yang hilang akibat kecelakaan kapal karam di perairan laut Kota Padang, Sumatra Barat memasuki hari kelima. Namun, operasi pencarian yang melibatkan tim gabungan ini masih belum membuahkan hasil.

Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kota Padang Asnedi mengatakan, pihaknya juga telah menyisir perairan laut hingga ke arah Kabupaten Selatan. Namun memasuki hari kelima pencarian, korban juga belum ditemukan.

Selain itu, kata dia, pencarian juga terfokus di sekitar pulau yang ada. Pihaknya berharap, pencarian hari kelima ini mendapatkan tanda-tanda keberadaan para korban.

“Tapi sekarang tidak pakai helikopter lagi. Hanya kemarin bisa digunakan. Mudah-mudahan korban dapat segera kami temukan sebelum SOP pencarian selama tujuh hari ini,” katanya, dikutip dari Langgam.

Asnedi mengungkapkan, apabila selama tujuh hari korban juga belum ditemukan pihaknya akan melakukan evaluasi. Apakah operasi pencarian diperpanjang atau dihentikan. “Kita lihat nanti. Pasti akan kami evaluasi jika sudah tujuh hari,” tuturnya.

Seperti diketahui, dalam proses pencarian tiga korban ini melibatkan tim gabungan dan beberapa kapal. di antaranya KN SAR Yudistira, Rib 02 Padang dan Dream FC, Perahu karet (LCR) Basarnas, kapal Ditpolairud Polda Sumbar dan Rib Satrol Angkatan Laut.

Bahkan memasuki hari keempat, operasi pencarian melibatkan satu unit helikopter milik BNPB. Namun hingga kini, para korban belum kunjung ditemukan. tiga korban yang masih dicari bernama Ihsan, Yudi dan Ari.

Sementara, untuk 10 korban yang telah berhasil ditemukan dengan selamat bernama Fikram Mukalik, Taufik Hidayat, Triandika Ananda, Sorono, Efendi Mursalim, Surawan, Alfajri, Suranto, Koda Riadi, Yunaidi Yusi.

Sebelumnya, kapal nelayan yang karam ini disewa oleh para pemancing asal Kota Padang. Mereka berangkat sebanyak 13 orang, 10 orang di antaranya pemancing dan tiga orang kru kapal.(002)