Sp Online, Padang Panjang Terbaik se Sumbar

sp online
Kepala BPS Kota Padang Panjang Arius Jonnaidi menyerahkan buku sensus penduduk kepada Walikota Padang Panjang Fadly Amran.

HALOPADANG.ID–Hasil presentase pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) online tahun 2020 yang berlangsung di Indonesia bulan Januari hingga Maret lampau, Kota Padang Panjang terbaik di Sumatera Barat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat Pitono dalam kegiatan penyampaian laporan Pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SP Online) 2020 dan Sosialisasi Kegiatan BPS di Masa New Normal di Hall lantai 3 Balaikota, Rabu (24/6).

Pitono mengatakan, dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SP Online) 2020 kemarin itu, partisipasi dan antusias masyarakat Kota Padang Panjang untuk ikut SP Online sangat tinggi. Sehingga membuat Kota Padang Panjang melampaui target yang cukup jauh yaitu 200 %.

“Hal ini membuat Kota Padang Panjang secara persentase se – Sumatera Barat, berada di peringkat nomor 1 yaitu terbaik di Sumatera Barat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Andre Rosiade Resmikan Penggunaan BTS di Kamang Bakti Sijunjung

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang Panjang, Arius Jonnaidi dalam laporannya menjelaskan, persentase realisasi keluarga respon SP Online 2020 terhadap total Kepala Keluarga (KK) yang ada di Kota Padang Panjang, secara de facto mencapai angka 41,15 % atau sebanyak lebih kurang 6.185 KK dari total 15.725 KK yang ada di Kota Padang Panjang. Jumlah jiwanya sebanyak 24.899 jiwa atau 45,79 %

“Jadi bisa dibilang sudah hampir separo dari KK masyarakat Kota Padang Panjang yang telah melaksanakan SP Online 2020,” katanya.

Dengan demikian, Kota Padang Panjang telah jauh melebihi target yang telah ditetapkan yaitu sebesar 20,94 %.

“Untuk tingkat kecamatan dan kelurahan, alhamdulillah semuanya telah melebihi ambang batas target yang telah ditetapkan, dengan persentase per kecamatan yaitu, Kecamatan Padang Panjang Barat mencapai angka 36,74 % dan Kecamatan Padang Panjang Timur 42,92 %, ” jelasnya.

Baca Juga :  Belasan Ribu Warga Terdampak Erupsi Gunung Marapi Terima Bantuan dari Pemerintah

Untuk tingkat kelurahan dia menjelaskan, jika dilihat dari tingkat partisipasi warga / persentase KK respon yang tertinggi dengan tingkat kesalahan terendah diraih Kelurahan Koto Katik, Kecamatan Padang Panjang Timur dengan capaian sebesar 76,80 %. Sedangkan untuk kelurahan yang terbanyak partisipasi warganya juga dengan tingkat kesalahan yang kecil adalah Kelurahan Koto Panjang dengan jumlah KK respon mencapai 693 KK / 58,28 %.

Selanjutnya, untuk kelurahan yang memiliki tingkat respon tercepat dengan partisipasi masyarakat yang tinggi dan tingkat kesalahan yang rendah adalah Kelurahan Bukit Surungan.

Sementara itu, untuk Kategori Koordinasi Sangat Baik dan Partisipasi ASN Tercepat diraih oleh Dinas Kominfo, Dinas Perpustakaan dan Arsip dan Dinas Dukcapil

Baca Juga :  Andre Rosiade kembali Tepati Janji Hadirkan Listrik untuk Masyarakat Surantih Pesisir Selatan

Kepada kelurahan dan OPD yang terbaik dalam pencapaian SP Online tahun 2020 tersebut, BPS memberikan sebuah piagam penghargaan dan cindera mata.

Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada masyarakat Kota Padang Panjang dan seluruh ASN yang telah ikut berpartisipasi dalam SP Online tahun 2020 ini.

“Insyaallah di bulan September untuk kategori terbaik, tercepat dan terakurat juga akan tetap diraih oleh Kota Padang Panjang,” harapnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Padang Panjang, Drs. Asrul, Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra dan Kepala OPD se-Kota Padang Panjang. (N-01)