Penerimaan Siswa Baru di Pasbar Gunakan Sistem Daring

padang pariaman
Ilustrasi belajar daring

HALOPADANG.ID–Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, dalam penerimaan siswa baru tahun ajaran 2020/2021 mengoptimalkan sistem dalam jaringan (daring).

“Kami merencanakan mengoptimalkan sistem daring untuk mempermudah pendaftaran di tengah COVID-19 saat ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Marwazi.

Ia menyebutkan sistem daring itu akan dilaksanakan bagi seluruh sekolah yang terjangkau jaringan internet.

“Sistem ini mempermudah calon siswa baru dengan tidak perlu datang ke sekolah sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19,” tambahnya.

Menurutnya wali murid dan calon peserta didik baru cukup mengakses situs sekolah atau call center yang sudah disediakan oleh panitia.

Selain itu, juga melakukan komunikasi serta pengiriman berkas. Setelah diverifikasi, panitia akan memberikan informasi kepada pelamar.

Baca Juga :  Pesantren Kauman Kembangkan Kreativitas Santri Lewat Nobar dan Beda Film Pendek

“Sistem daring ini, kita optimalkan di seluruh sekolah yang terjangkau internet,” ujarnya.

Ia mengatakankan sistim daring ini berhasil diterapkan di sebagian besar sekolah di Pasaman Barat dan bisa mempermudah layanan pendidikan.

Namun panitia tetap berada di sekolah untuk memberikan informasi dan proses verifikasi berkas.

“Dinas pendidikan sudah menetapkan jadwal penerimaan peserta didik baru dari 18 Mei hingga 30 Juni 2020,”katanya.

Selama proses penerimaan peserta didik baru, belum ada kendala yang berarti karena operator dan panitia sudah siap.

Pihaknya hingga saat ini mencatat terdapat 25 titik yang blank spot sehingga harus dilakukan pendaftaran secara tatap muka.

“Selama proses pendaftaran tatap muka, panitia dan masyarakat harus patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak.
Kita sudah minta panitia di daerah blank spot patuhi protokol kesehatan dan keselamatan antisipasi COVID-19,”sebutnya.(S-01)

Baca Juga :  Pesantren Kauman Kembangkan Kreativitas Santri Lewat Nobar dan Beda Film Pendek