Dalam 6 Bulan, Baznas Sawahlunto Salurkan Zakat Rp2 Miliar

baznas
Penyerahan zakat bagi mustahiq di Kecamatan Silungkang oleh BAZNAS Sawahlunto. Ist

HALOPADANG.ID–Terhitung periode Januari hingga Juni 2020, Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) Kota Sawahlunto telah menyalurkan zakat mencapai Rp2 miliar lebih kepada mustahiq yang berhak menerima di empat Kecamatan di kota ini.

Ketua Baznas Sawahlunto, M. Syarief mengatakan, untuk periode Juni 2020, disalurkan Rp423 juta lebih untuk semua Kecamatan yang ada.

“Baznas Sumatra Barat menargetkan kepada kita sebesar Rp3 miliar. Mudah-mudahan hingga Desember nanti bisa terealisasi,” ujarnya.

Bulan ini lanjutnya, mustahiq di Kecamatan Sikungkang dibantu sebanyak 113 orang dengan anggaran Rp106 juta lebih, Kecamatan Barangin 69 orang Rp97 juta lebih, Kecamatan Talawi 177 orang Rp118 juta lebih dan di Kecamatan Lembah Segar 47 Mustahiq dengam total penyaluran Rp100 juta lebih.

Baca Juga :  Pesantren Kauman Kembangkan Kreativitas Santri Lewat Nobar dan Beda Film Pendek

“Bantuan yang kami salurkan untuk pendidikan, usaha, bedah rumay, biaya beribat, biaya masuk listrik serta untuk orang jompo,” ujar M. Syarief.

Saat ini lanjut Syarief, masih banyak masyarakat yang mengajukan permohonan bantuan, akan tetapi belum dapat direalisasikan semua. Hal itu katanya, sesuai dengan keersediaan dana, jika mencukupi dan kemudian calon penerima zakat sesuai ketentuan, maka secepatnya akan dapat diserahkan hak mereka tersebut.

Dia mengimbau, si penerima zakat tersebut dapat mememanfaatkan bantuan yang diberikan sesuai dengan peruntukannya. Dia juga berharap, zakat yang disalurkan itu dapat membantu perekonomian umat.

“Syukur-syukur dari mustahiq bisa menjadi muzakki atau orang yang mengeluarkan zakat. Paling tidak, bagi yang selama ini menerima bantuan untuk usaha, bisa lepas dari status penerima zakat,” katanya.(J-01)

Baca Juga :  Pesantren Kauman Kembangkan Kreativitas Santri Lewat Nobar dan Beda Film Pendek