Memastikan Bebas Corona, 134 Warga Pasaman Tes Swab

swab
Wabup Pasaman, Atos Pratama saat meninjau lokasi pelaksanaan Swab tes massal di Basement Kantor Bupati, Senin (22/6)

HALOPADANG.ID–Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Pasaman, melakukan pool test swab massal. Setidaknya, 134 orang warga mengikuti tes pengambilan cairan hidung dan kerongkongan ini di Basement kantor Bupati setempat, Senin (22/6).

Ratusan orang warga tersebut merupakan hasil penelusuran (tracking) oleh petugas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pasaman, terhadap ketiga orang warga yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang, pada Minggu (21/6).

Menurut Wakil Bupati Pasaman, Atos Prataman, Swab tes dilakukan sebagai langkah tanggap Pemkab Pasaman dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Hal itu menyusul ditetapkannya tiga orang warga setempat positif terinfeksi virus Covid-19 oleh Laboratorium Unand Padang.

“Semua peserta tes swab hari ini merupakan hasil dari pelacakan oleh petugas kesehatan, terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan langsung dengan ketiga warga positif Covid-19,” ujarnya

Untuk itu, Atos mengimbau kepada seluruh masyarakat Pasaman yang pernah kontak langsung dengan ketiga pasien terkonfirmasi positif baru Covid-19 tersebut (H, YM dan VY) agar segera memeriksakan dirinya dan menjalani tes swab.

“Kami tak bosan mengimbau, kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Pasaman, mari kita disiplin dan patuhi protokol kesehatan. Ini penting kita lakukan, sebagai ikhtiar kita memutus rantai penyebaran virus yang belum ada vaksinnya ini,” tukasnya.

Sejumlah petugas kesehatan berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap lewat bilik pengaman, tampak melakukan pengambilan cairan hidung dan kerongkongan dari masing-masing peserta tes swab.

Sekda Mara Ondak, Kadis Kominfo William Hutabarat, sejumlah Kepala OPD, belasan wartawan, staf BLK dan para ASN di lingkungan Pemkab Pasaman tampak menjadi peserta tes Swab massal ini. (D-01)