Peran Guru BK bagi Siswa di Kenormalan Baru

guru
Ilustrasi guru

HALOPADANG.ID–Wacana kembali belajar di sekolah pada masa kenormalan baru tentu perlu adaptasi dari seluruh elemen agar dapat menyesuaikan diri. Guru Bimbingan Konseling (BK) memiliki peran penting agar dapat menjadi pendamping bagi siswa untuk beradaptasi dengan kenormalan baru di sekolah.

Sebab itu, Program Studi BK IAIN Bukittinggi menginisiasi Webinar yang akan memberikan panduan kepada Guru BK agar dapat memaksimalkan fungsinya saat sekolah dibuka kembali.

Hal itu diungkapkan, Kepala Program Studi BK, Alfi Rahmi kepada Haluan. Kegiatan Webinar yang akan berlangsung pada Senin (22/6) mendatang ini katanya, sebagai bukti nyata peran serta Prodi BK IAIN Bukittinggi dalam mempersiapkan tenaga profesional dalam pelayanan BK dan sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak yang ditimbulkan Pandemi Covid-19.

“Kami mengusung tema pelayanan BK sebagai suatu upaya pendampingan kepada siswa dalam menjalani new normal. Sebab perlu berbagai inovasi agar pelayanan Guru BK dapat dirasakan manfaatnya oleh siswa. Sejak diberlakukannya belajar dari rumah, maka guru harus betul-betul memerhatikan cara belajar siswa yang dilakukan secara online. Hal ini juga menjadi pekerjaan rumah yang serius untuk guru BK agar tetap memotivasi anak didik untuk tetap belajar di rumah dalam masa pandemi. Sebab, interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran sangatlah penting dalam kemajuan proses belajar siswa,” kata Alfi.

Guru BK, kata Alfi, harus menyajikan layanan dalam pembelajaran daring melalui format yang bermakna bagi siswa. Selain itu, Guru BK juga berperan untuk mengatasi hambatan belajar peserta didik, pengembangan karakter, dan bagaimana membantu siswa dalam pengembangan life skill atau keterampilan hidup sehari-hari. Hal ini tidak luput dengan peran guru BK dalam menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua peserta didik.

“Narasumber dalam Webinar yang akan diselenggarakan terdiri dari orang-orang yang berkompeten di bidang BK. Narasumber berasala dari IAIN Curup, Universitas Darul Ulum Jombang dan IAIN Bukittinggi. Semoga Webinar ini dapat dijadikan pedoman bagi Guru BK dalam upaya mendampingi siswa saat sekolah dibuka nantinya. Semoga dapat dirasakan manfaatnya dan diterapkan nanti kepada siswa,” katanya menutup. (Q-06).